Cara Membuat Video Blur di Capcut

9 Cara Membuat Video Blur di Capcut

Ada 9 cara membuat video blur di capcut yang dapat kamu ikuti langkah-langkah dalam membuat video blur di capcut.

Editing video sedang di gandrungi para warganet. Hal itu nampak di sosial media yang ramai akan konten berupa video. Hal itu juga didukung dengan ragam aplikasi editing yang tersedia di smartphone. 

Fitur fiturnya pun beragam, sehingga membuat kreativitas kian meningkat. Ditambah lagi dengan populernya aplikasi aplikasi berbagi video pendek semacam tiktok, snack, chocofun dan lain sebagainya.

Dengan meningkatnya permintaan video format pendek di media sosial, banyak dari kamu mungkin ingin menguasai seni mengedit video sebelum dipublikasikan. 

Jika kamu telah menggunakan TikTok untuk mengunggah video kamu, kemungkinan besar kamu pasti pernah menemukan aplikasi pengeditan video capcut. Capcut dikembangkan oleh tim di balik TikTok – ByteDance, CapCut tersedia di iOS dan Android secara gratis. 

Aplikasi ini menawarkan fitur pengeditan dasar hingga sedang seperti menambahkan color filters, stabilization, masks, chrome key, soundtracks, modifying backgrounds, dan banyak lagi, tetapi fitur lebih populer dari aplikasi ini adalah 3D Zoom effect and Green screen.

Capcut menjadi salah satu aplikasi editing android yang banyak digunakan. Dengan berbagai macam fitur yang dimilikinya, hasil editing dengan capcut pun gak kalah dengan software software editing yang ada di komputer. 

Selain itu capcut juga memberikan opsi untuk menghapus watermark secara gratis. Berbeda dengan kebanyakan aplikasi yang harus menggunakan versi berbayar untuk menghasilkan video tanpa watermark. Al hasil videonya pun jadi nampak profesional.

Ada banyak yang bisa dilakukan menggunakan capcut, salah satunya adalah membuat efek blur. Biasanya ini digunakan untuk terhindar dari masalah copyright suatu produk atau menyamarkan seseorang agar tidak terlihat sempurna. 

Blur  merupakan suatu efek dan teknik dalam dunia fotografi dan videografi yang dapat membuat objek atau bagian tertentu di dalam foto atau video menjadi tidak fokus sehingga terlihat buram, kabur, dan tidak jelas.

Efek video blur bisa kita buat secara manual saat mengambil atau merekam suatu video menggunakan kamera digital maupun kamera pada ponsel. 

Efek blur akan terlihat jika kita hanya memfokuskan kamera ke suatu objek saja, sehingga objek lainnya yang tidak fokus akan menjadi buram atau kabur.

Di samping itu, efek blur juga bisa kita buat menggunakan aplikasi-aplikasi editing video. Biasanya, efek blur ini digunakan untuk menyensor objek atau bagian video tertentu yang tidak ingin diperlihatkan, membuat background video blur, dan lain sebagainya.

Dengan aplikasi Capcut, kita bisa membuat efek blur pada video dengan sangat mudah dan cepat. Bagi yang baru saja menginstal aplikasi ini, mungkin masih sedikit bingung bagaimana cara membuat video blur tersebut. 

Untuk itu kali ini mimin mau berikan tutorial lengkapnya.

Cara membuat video blur di CapCut :

  1. Untuk melakukan ini, buka aplikasi capcut di iOS atau Android dan ketuk opsi “New project” di Layar Beranda aplikasi.
  2. Di layar berikutnya, pilih video yang ingin kamu edit dan tambahkan efek blur.
  3. Setelah kamu memilih video yang ingin kamu edit, ketuk tombol “Add” di sudut kanan bawah.
  4. Video yang dipilih sekarang akan ditambahkan ke New project capcut. Pada layar ini, ketuk tab “Effects” dari toolbar bawah.
  5. Menu overflow sekarang akan muncul di bagian bawah layar. Secara default, kamu akan diperlihatkan semua efek yang tersedia di tab “Trending” di bagian atas. Gulir melalui tab ini dan temukan kategori ‘Basic’.
  6. Di dalam tab ‘Basic’, gulir ke bawah, pilih efek ‘blur’, dan jika kamu puas dengan jenis blur, ketuk tanda centang.
  7. Kamu sekarang akan dibawa kembali ke timeline project di dalam capcut di mana kamu seharusnya dapat melihat efek blur yang diterapkan pada video kamu.
  8. Secara default, efek blur hanya akan diterapkan ke sebagian video kamu. Untuk memperluas efek ke seluruh durasi video, ketuk bar “blur” yang ditandai dengan warna ungu, seret penunjuk ujungnya, dan letakkan di akhir video kamu. Ini akan memastikan keseluruhan video kamu tertutup blur.
  9. Agan kemudian dapat menyimpan video kamu dengan mengikuti petunjuk yang diberikan di bagian terakhir.

Nah, Cukup mudah bukan untuk dapatkan efek blur tersebut? Geser saja sesuai dengan keinginan, blur diletakkan dibagian mana. Hasilnya dijamin pasti memuaskan bagi kamu yang suka edit foto .

Cara blur di Capcut diatas bisa kamu kembangkan sendiri sesuai selera kamu. Ada banyak sekali efek blur seperti yang tersedia pada gambar. Kamu bisa memilih Noise, Blink, Blurry Focus, dan jenis efek blur yang lainnya.

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang cara membuat video blur di capcut, semoga mudah dipahami dan diikuti ya, jangan lupa tungguin artikel menarik mimin lainnya ya.