Cara Mengetahui WA Disadap

Posted on

Mengetahui Jika WA Disadap

ReXdl.co.id – Cara mengatahui WA disadap sebenarnya cukup mudah kok, hanya saja banyak yang belum mengetahui tanda tanda WhatsApp yang sudah disadap.

Padahal hal ini sangatlah penting loh, tapi sayangnya masih belum banyak yang cukup peduli dan menyadarinya.

Oleh sebab itu di sini kita akan mencoba membahas apa saja tanda tanda yang menunjukkan jika WhatsApp kita sudah disadap.

 

Bagaimana Cara Mengetahuinya ?

WhatsApp memang menjadi salah satu aplikasi berpaltform chatting yang populer dan memiliki banyak pengguna. Aplikasi ini pun selalu mengutamakan keamanan penggunanya dengan menerapkan enkripsi end-to-end.

Namun meski begitu WhatsApp dianggap tidak selalu aman oleh sebab itu kita harus selalu memeriksa agar WhatsApp kita tidak disadap orang tidak bertanggung jawab.

Berikut ini cara agar mengetahuinya :

1.) Tidak Dapat Masuk atau Login

WhatsApp sendiri sebenarnya menerapkan sistem single device login yang artinya satu nomor telepon hanya bisa digunakan di dalam satu aplikasi dan masuk menggunakan satu perangkat saja.

Sehingga pengguna WhatsApp tidak akan bisa mengakses nomor WhatsApp nya dua aplikasi yang ada pada dua perangkat berbeda.

Apabila kita sudah menggunakan WhatsApp di perangkat pertama lalu menggunakan nomor yang sama untuk masuk menggunakan aplikasi WhatsApp dari perangkat lain. Maka biasanya secara otomatis WhatsApp yang ada pada perangkat utama akan log out.

Sehingga jika sobat mendadak log out atau keluar dari aplikasi WhatsApp padahal sobat tidak merasa pernah melakukan log out atau masuk dengan menggunakan perangkat lain. Maka bisa jadi ada seseorang yang sedang menggunakan nomor telepon sobat untuk login dengan menggunakan aplikasi WhatsApp di perangkat lain.

Alias, WhatsApp sobat sedang disadap.

Sebenarnya untuk masuk ke WhatsApp kita membutuhkan kode OTP atau kode one time password yang akan dikirimkan secara langsung di nomor telepon yang kita gunakan.

Kode ini akan diberikan pada saat kita login ke WhatsApp yang akan langsung dikirim ke nomor telepon. Kode ini pun tidak boleh diberi atau dibagikan pada orang lain.

Biasanya hal ini terjadi ketika nomor WhatsApp lama yang dimuat kembali atau digandakan sehingga akan membuat WhatsApp sobat bisa diakses oleh orang lain atau disadap.

Game & App Pilihan :  Download FMWhatsapp Update Terbaru

 

2.) Tidak Bisa Melakukan Panggilan Telepon Menggunakan WhatsApp

Salah satu cara termudah untuk mengetahui apakah WhatsApp sudah disadap adalah, jika pengguna WhatsApp tidak dapat menelepon via WhatsApp.

Sebab jika WhatsApp kita sudah disadap oleh orang lain maka kita tidak akan bisa menggunakan WhatsApp apalagi digunakan untuk melakukan panggilan telepon.

 

3.) Periksa WhatsApp Web

WhatsApp memang tidak bisa digunakan dalam dua perangkat secara bersamaan, namun kita bisa mengakses WhatsApp web dan tetap dapat log in ke WhatsApp yang ada di perangkat yang kita gunakan.

Sebab WhatsApp web adalah salah satu fitur yang ada pada WhatsApp yang memungkinkan kita agar dapat mengakses WhatsApp lewat browser yang ada pada perangkat PC atau Laptop kita.

Fitur ini sendiri terbilang cukup penting bagi pengguna perangkat PC namun juga sangat rentan untuk disalahgunakan. Sebab WhatsApp kita bisa disadap dengan menggunakan WhatsApp web.

Nah, untuk mengetahui apakah WhatsApp kita sudah disadap oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Maka kita dapat membuka Pengaturan atau Setting di aplikasi WhatsApp yang berbentuk ikon tiga titik yang berada di bagian kanan atas WhatsApp.

Lalu pilihlah WhatsApp web.

Di sana kamu bisa melihat daftar perangkat yang pernah masuk di akun WhatsApp mu, dan jika terdapat perangkat yang terasa asing dan merasa tidak pernah masuk melalui perangkat tersebut. Maka sobat bisa melakukan log out dari perangkat tersebut agar perangkat itu tidak bisa mengakses akun WhatsApp sobat lagi.

Selain pada perangkat android, cara ini juga berlaku pada perangkan iOS dengan cara klik Setting yang ada di bagian kanan bawah lalu pilihlah WhatsApp Web. Kemudian caranya sama saja yakni periksa daftar perangkat yang terhubung dengan WhatsApp sobat.

Dan hapus lah perangkat yang tidak dikenali.

 

4.) Pesan Terbaca Sendiri Padahal Merasa Belum Membukanya

Tanda tanda lain yang bisa kamu sadari ketika WhatsApp disadap oleh orang iseng adalah adanya pesan baru yang kamu merasa belum membaca atau membukanya namun ternyata pesan tersebut sudah terbaca atau terbuka.

Dari sini bisa kita simpulkan jika ada orang lain yang sudah pasti telah membuka pesan di WhatsApp kita tanpa kita sadari.

Jadi meski sepele, maka berhati-hatilah karena artinya WhatsApp mu sedang dalam keadaan rentan bahaya.

 

5.) Mengirimkan Pesan Tanpa Sepengatahuan

Pertanda lainnya yang pastinya sangat mudah dikenali adalah adanya pesan yang tidak pernah sobat tahu atau sobat merasa mengirimkan pesan tersebut. Dari sini kita bisa menyimpulkan jika ada orang lain yang mungkin sudah membuka atau menyadap WhatsApp kita sehingga bisa mengirim pesan tanpa sepengetahuan kita.

 

6.) Daya Baterai yang Menjadi Cepat Habis

Baterai yang cepat habis bisa dibilang menjadi salah satu cara untuk mengetahui apakah aplikasi WhatsApp kita sudah disadap. Sebab baterai yang terus terkuras habis bisa menjadi salah satu bukti jika WhatsApp kita sudah digunakan olehorang lain. Karena aplikasi WhatsApp terus bekerja sehingga membuat daya baterai terkuras.

Game & App Pilihan :  Download Power Director Pro Mod No Watermark Full versi Rexdl

Tapi bisa saja hal ini juga dikarenakan kinerja perangkat yang buruk sehingga mengakibatkan baterai cepat habis.

 

 

Cara Agar WhatsApp Tidak Mudah Disadap

Ada beberapa cara mudah yang bisa kita lakukan agar WhatsApp kita tidak mudah disadap, berikut ini adalah caranya :

1.) Mengaktifkan 2 Step Verification

WhatsApp memberikan fitur tambahan untuk membuat sebuah PIN enam digit yang bisa diaktifkan. Sehingga kita log in ke WhatsApp pada perangkat lain kita tidak hanya diminta memasukkan kode yang dikirimkan via sms ke nomor telepon kita.

Tapi juga harus memasukkan kode PIN pribadi ini yang pastinya tidak boleh dibocorkan pada orang lain.

 

2.) Sering Hapus Perangkat yang Terhubung dengan WhatsApp Web

Ketika kita menggunakan WhatsApp web maka kita akan diminta untuk scan barcode agar ketika masuk kembali nanti kita bisa langsung terhubung. Namun hal ini jika terus dibiarkan juga berbahaya.

Oleh sebab itu sering seringlah menghapus daftar perangkat PC yang ada pada fitur WhatsApp web.

 

3.) Mengaktifkan Notifikasi Keamanan

WhatsApp mempunyai kode khusus berupa barcode atau kode 60 digit yang jika diaktifkan maka kita akan menerima notifikasi jika kode keamanan yang kamu gunakan berubah karena menambah atau mengganti perangkat untuk nomor WhatsApp yang sama.

 

Akhir Kata

WhatsApp memang sudah menjadi kebutuhan khusus di zaman teknologi seperti sekarang ini yang sudah berhasil menggeser keberadaan pesan singkat konvensional. Aplikasi ini pun memiliki jumlah pengguna yang tidak sedikit di seluruh dunia.

Penggunaan WhatsApp tidak terbatas pada penggunaan pribadi saja, namun juga bisa juga digunakan untuk mendukung pekerjaan dan kegiatan penting lainnya.

Sehingga akan sangat merepotkan jika WhatsApp kita disadap orang, bukan hanya akan merusak kinerja kita namun pastinya akan mengganggu privasi kita.

Nah, semoga cara mengetahui wa disadap dari ReXdl.co.id bisa bermanfaat.

 

Rekomendasi Aplikasi dan Game Keren Lainnya :