Cara Menggunakan Kuota Belajar

Posted on

Cara Menggunakan Kuota Belajar

ReXdl.co.id – Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia membagikan kuota internet gratis untuk para pelajar, mahasiswa, guru, hingga dosen di Indonesia. Tujuannya untuk membantu melancarkan kegiatan belajar  daring. Lalu, bagaimana cara menggunakan kuota belajar itu?

Bantuan kuota internet gratis sudah dibagikan beberapa bulan setelah Covid-19 muncul di Indonesia. Isinya terbagi menjadi dua, yaitu kuota utama dan kuota belajar. Untuk bisa menggunakan kuota internet gratis dari Kemendikbud ada syarat-syaratnya.

 

Siapa Saja yang Bisa Menggunakan Kuota Belajar

Nah, Kamu bisa mengetahui syarat-syaratnya berikut ini:

Siswa

Siswa atau Siswi PAUD/Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas atau Kejuruan, dan sejajarnya.

– Nama kamu harus terdaftar di Aplikasi Dapodik

– Kamu harus mempunyai nomor ponsel yang aktif dan terdaftar atas nama kamu atau anggota keluarga seperti ayah, ibu, kakak.

 

Guru

Guru PAUD/Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, dan Sekolah Menengah.

– Jika kamu merupakan seorang guru, kamu harus terdaftar di aplikasi Dapodik.Status mengajarmu harus aktif.

– Harus memiliki nomor ponsel yang aktif.

 

Mahasiswa

– Jika kamu seorang mahasiswa, data kamu harus terdaftar di PDDikti

– Status kemahasiswaan harus aktif dan memiliki KRS (Kartu Rencana Studi) di semester berjalan.

– Mempunyai nomor ponsel aktif.

 

Dosen

– Dosen wajib terdaftar di aplikasi PDDikti.

– Dosen harus berstatus aktif mengajar.

– Dosen haru memiliki nomor registrasi.

– Mempunya nomor ponsel aktif.

 

Apabila kamu telah memenuhi syarat-syarat di atas, tentu saja kamu adalah salah satu penerima bantuan kuota internet dari Kemendikbud. Setiap jenjang pendidikan akan memperoleh besaran kuota internet yang berbeda.

 

Cara Menggunakan Kuota Belajar

Lalu, bagaimana cara menggunakan kuota belajar  jika nomor ponsel yang kamu daftarkan sudah tidak aktif, rusak, atau hilang?

Kamu tidak perlu takut jika hal ini terjadi kepadamu. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk bisa mendapatkan bantuan paket internet.

  1. Pertama, kamu sebagai calon penerima paket internet gratis harus melapor kepada pengurus di satuan pendidikan. Kamu bisa melapor guru, dosen, pimpinan, atau operator sekolah dan universitas agar bisa di tindak lanjuti.
  2. Setelah itu, operator di sekolah atau universitas kamu akan mengunggah SPTJM untuk perubahan nomor ponsel yang akan di daftarkan paket internet gratis di laman Kemendikbud Ristek.
Game & App Pilihan :  Cara Tanda Tangan di PDF

Perlu kamu ketahui bahwasanya pengajuan perubahan nomor ponsel hanya bisa dilakukan sebelum pencairan. Untuk itu sebaiknya kamu aktif mengikuti pengumuman dari sekolah atau universitas kamu. Karena jika pencairan sudah dimulai nomor ponsel sudah tidak bisa diganti.

Bantuan kuota internet gratis ini akan di distribusikan secara bertahap. Jika nomor ponsel temanmu sudah mendapat kiriman paket internet sedangkam kamu belum, jangan khawatir. Bisa jadi provider yang kamu pakai belum mendistribusikan paket internetnya.

Bantuan kuota internet gratis ini akan langsung masuk ke nomor ponsel yang telah kamu daftarkan. Semua penerima bantuan kuota internet akan menerima SMS notifikasi jika kuota internet sudah masuk.

Jangan sampai kamu salah input nomor karena kuota internet akan salah masuk ke nomor orang lain atau bahkan tidak masuk. Bantuan kuota internet dari Kemendikbud ini bisa digunakan hingga 30 hari setelah kuota masuk ke nomor ponselmu.

Cara menggunakan kuota belajar ini bervariasi. Kamu bisa menggunakan untuk mengakses situs-situs belajar online seperti E-Learning, Google Meet, Zoom, Ruang Guru, Zenius, dan situs-situs lainnya.

Kuota utamanya bisa digunakan untuk semua aplikasi yang ada di ponsel kamu. Seperti aplikasi Whatsapp, Facebook, Telegram, Instagram, dan Twitter. Bisa juga untuk streaming film seperti di aplikasi Youtube, Netflix, Viu, Iqiyi, dan semua aplikasi lain.

Kuota gratis dari Kemendikbud ini sangat membantu dalam melangsungkan kegiatan belajar mengajar secara daring. Namun, ada satu hal yang membuat penerima batuan kuota internet ini merasa bersalah.

Pasalnya, besaran kuota utama dan kuota belajar yang didapatkan tidak seimbang. Sebagai contohnya, kamu bisa menerima kuota belajar sebesar 50GB sedangkan kuota utama hanya 10GB. Kuota utama akan lebih cepat habis dibandingkan dengan kuota belajar.

Saat kuota utama habis, kamu sudah tidak bisa mengakses aplikasi selain aplikasi dan situs belajar. Biasanya penerima bantuan kuota gratis akan mengisi ulang kuota sehingga kuota belajar puluhan GB akan terbuang sia-sia. Jadi kuota bantuan Kemendikbud tidak bisa kamu gunakan secara maksimal.

Karena itu, kamu harus menyimak cara menggunakan kuota belajar agar bisa digunakan seperti kuota utama berikut ini.

Mengubah menjadi kuota reguler tanpa menggunakan aplikasi

Jika kamu pengguna provider Indosat Ooredo, kamu bisa menggunakan cara ini. Simak langkah-langkahnya:

  • Kartu SIM kamu harus masih aktif di ponsel dan bisa digunakan.
  • Pilih menu telepon. Tekan *123*369# dan klik icon panggil SIM 1 atau SIM 2 sesuai tempat kartu SIM Indosat Ooredo kamu.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul menu “Paket Edukasi Indosat Ooredo”.
  • Kemudian, tekan angka 1 atau pilihlah “aktifkan paket”. Lalu tekan Kirim atau OK.
  • Beberapa saat kemudian akan muncul SMS notifikasi dari Indosat Ooredo berisi konfirmasi permintaan pengubahan kuota kamu.
  • Apabila berhasil, kuota belajar kamu sudah bisa digunakan seperti kuota utama.
Game & App Pilihan :  Cara Instal Windows 7 Menggunakan Flashdisk Lengkap + Gambar

 

Mengubah menjadi kuota reguler menggunakan aplikasi

Aplikasi TLS Tunnel

Jika kamu pengguna provider Telkomssl, disarankan menggunakan aplikasi TLS Tunnel. Begini caranya:

  • Download aplikasi TLS Tunnel di playstore.
  • Setelah aplikasi berhasil terpasang, bukalah aplikasinya.
  • Di kolom Connection Method, gantilah menjadi Custom SNI.
  • Pada SNI Host, isi dengan v.whatsapp.net.
  • Lalu, di kolom server pilihlah Automatic. Di kolom T, pilih angka 443.
  • Di home, pilihlah jendela LOGS.
  • Jika proses berhasil, akan muncul tulisan “Connected”
  • Koneksi internet kamu telah terhubung dengan server.

 

Aplikasi Anonytun

Berikut langkah-langkah mengubah kuota belajar menjadi kuota reguler menggunakan aplikasi Anonytun:

  • Buka aplikasi Play Store di ponsel kamu. Klik pencarian, carilah aplikasi Anonytun. Kamu juga bisa mendownload melalui link ini :

  • Setelah aplikasi terpasang, buka aplikasinya.
  • Klik titik tiga di pojok kanan atas. Pilihlah PVN Setting.
  • Aturlah Compress Packet menjadi mode ON.
  • Biarkan yang lain tetap seperti pengaturan default. Klik save.
  • Klik Stealth Setting di pojok kanan atas.
  • Klik Stealth Tunnel. Kemudian aturlah agar menjadi mode ON.
  • Di Advnanced SSL Setting juga harus kamu ubah menjadi mode ON.
  • Klik edit SSL Setting. Berikan tanda centang di kolom Spoof HNI Host.
  • Pada whatsapp.com bisa kamu ganti dengan v.whatsapp.net, g.whatssapp.com, atau c.whatsapp.net. Cobalah satun persatu. Lalu, cek isian mana yang berhasil.
  • Isi Spoof Host Port dengan 443. Lalu klik OK. Bagian SSL Setting telah selesai.
  • Kemudian, lanjutkan ke bagian pengaturan server. Ubahlah menjadi best performance. Aturlah menjadi United Kingdom. Ada juga server negara lain yang bisa kamu pilih. Pilihan rekomendasi dari kami adalah yang Germany, France, atau United States.
  • Terakhir, klik connect. Beberapa saat kemudian aplikasi Anonytun akan terhubung di ponsel kamu.

 

 

Begitulah cara menggunakan kuota belajar bantuan dari Kemendikbud. Selain benar-benar hanya untuk aplikasi belajar online, kamu juga bisa merubahnya menjadi kuota reguler/utama. Semoga dengan artikel ini bisa membantu memaksimalkan penggunaan kuota bantuan dari Kemendikbud.

Game dan Aplikasi Keren Lainnya :