Cara Sembunyikan Status Online Whatsapp

Posted on

Cara Sembunyikan Status Online Whatsapp

Belakangan ini banyak pengguna aplikasi Whatsapp yang mencari cara sembunyikan status online Whatsapp. Hal ini biasanya disebabkan dari perasaan tidak nyaman saat mengetahui orang lain dapat melihat pengguna tersebut online. Apakah kamu salah satu pengguna Whatsapp yang resah akan hal tersebut?

 

Cara menyembunyikan status online whatsapp

Pernahkah kamu merasa kesal ketika kamu dituntut untuk segera membalas chat seseorang saat sedang online? Apalagi jika lawan chat kamu terus menerus melakukan spam chat ke Whatsapp kamu, pasti sangat menyebalkan bukan?

Jika kamu pernah mengalaminya tentunya saat itu kamu merasa tidak nyaman saat berkomunikasi via Whatsapp secara online. Perasaan tidak nyaman yang kamu alami ini juga dirasakan oleh banyak pengguna lainnya. Hal ini pun lantas menjadi faktor banyak pengguna Whatsapp yang mencari cara sembunyikan status online Whatsapp.

Sebenarnya aplikasi Whatsapp asli tidak memiliki fitur khusus untuk membantu kamu sembunyikan status online kamu. Tetapi fitur untuk menyembunyikan online ini terdapat dalam aplikasi mod Whatsapp.

Saat ini banyak sekali aplikasi modifikasi Whatsapp yang beredar di kalangan penggunanya seperti Fouad Whatsapp, GB Whatsapp, dll. Sayangnya kemungkinan kamu dapat memakai aplikasi mod ini dalam jangka panjang cukup kecil. Hal ini dikarenakan kebijakan dari pihak Whatsapp Inc. yang melarang penggunaan aplikasi mod bagi seluruh pengguna Whatsapp aktif.

Aplikasi mod memberikan akses kepada penggunanya untuk melakukan aktivitas yang tidak bisa dilakukan di aplikasi Whatsapp asli. Aktivitas ini kemudian akan dianggap sebagai aktivitas mencurigakan yang harus ditindaklanjuti oleh pihak Whatsapp. Selanjutnya akun pengguna yang diketahui telah melakukan aktivitas tersebut akan mendapatkan banned sehingga tidak dapat menggunakan Whatsapp lagi.

Memang ada beberapa pengembang aplikasi mod yang menyatakan bahwa aplikasinya aman dari banned Whatsapp. Namun sebaiknya kamu tetap menempuh langkah yang lebih aman agar tidak dibanned yaitu dengan tetap menggunakan Whatsapp asli.

Walaupun Whatsapp asli belum menyediakan fitur menyembunyikan status online, namun kamu dapat mencoba beberapa trik untuk mengakalinya. Di bawah ini merupakan kumpulan trik yang dapat kamu gunakan untuk tetap terlihat offline di Whatsapp.

 

Menghilangkan last seen pada Whatsapp

Cara sembunyikan status online Whatsapp yang pertama adalah dengan menghilangkan fitur Last Seen. Fitur pada Whatsapp yang terdapat di bagian bawah profil ini memungkinkan pengguna untuk melihat kapan terakhir kali seseorang online. Misalnya “Last seen 10.39” berarti seseorang yang sedang kamu lihat profilnya terakhir aktif pada jam 10.39 hari ini.

Game & App Pilihan :  Download Story Instagram

Tentunya hal ini menambah ketidaknyamanan apalagi jika kamu sedang tidak ingin diganggu sedangkan lawan chat mengirimimu pesan secara terus-menerus. Untuk menghilangkan fitur ini, kamu dapat mengikuti langkah berikut:

  1. Masuk ke aplikasi Whatsapp.
  2. Klik ikon titik tiga yang berada di pojok atas kanan pada tampilan Whatsapp.
  3. Pilih Setting atau Setelan pada tampilan popup.
  4. Akan terbuka layar baru, pilih Account atau Akun.
  5. Saat terbuka tampilan lainnya, pilih Privacy atau Privasi akun kamu.
  6. Lalu pilih Last seen atau Terakhir dilihat.
  7. Pada tampilan popup yang muncul pilih Nobody atau Tidak Ada.

Dengan menonaktifkan fitur ini orang lain tidak akan mengetahui kapan terakhir kali kamu beraktivitas di Whatsapp. Namun kamu pun juga tidak dapat melihat kapan terakhir kali orang lain aktif di Whatsapp.

Jika kamu ingin mengaktifkan fitur ini kembali, kamu dapat mengulangi langkah yang sama seperti tutorial di atas. Bedanya kamu tinggal memilih Everybody jika ingin semua orang, termasuk yang bukan kontakmu tahu last seen kamu. Atau memilih My contact untuk membatasi sehingga hanya kontakmu saja yang mengetahui last seen kamu.

 

Matikan aplikasi secara paksa dan mengaktifkan airplane mode

Bagi kamu yang benar-benar tidak ingin diganggu oleh notifikasi dari siapa pun di Whatsapp, kamu dapat mencoba cara yang satu ini. Cara ini mengharuskan kamu untuk keluar/ menutup aplikasi sepenuhnya dengan Force Close atau Matikan Secara Paksa pada manajer aplikasi.

Setelah itu, aktifkan pengaturan Airplane mode yang biasanya berada di bagian atas menu drop down pada smartphone kamu.  Dengan mengaktifkan Airplane mode, smartphone kamu menjadi tidak terhubung dan kamu tidak dapat menggunakan internet seperti biasanya.

Secara otomatis cara ini juga dapat membuat semua aplikasi sosial media kamu juga tidak dapat diakses. Cara untuk mengembalikannya hanyalah dengan menonaktifkan Airplane mode kamu kembali. Oleh karena itu cara ini sebaiknya kamu praktikan hanya ketika kamu tidak membutuhkan semua akun media sosial kamu saja ya.

 

Membaca chat tanpa membuka aplikasi Whatsapp

Jika kamu masih ingin mendapatkan notifikasi dan dapat membaca chat pada Whatsapp, kamu dapat menggunakan cara yang satu ini. Cara ini memungkinkan kamu untuk tetap terlihat tidak online, meskipun kamu sebenarnya sedang online.

Untuk dapat melakukannya terdapat beberapa cara, seperti kamu dapat membaca chat Whatsapp:

  • Melalui notification drawer yang berada di menu drop down di smartphone kamu
  • Mengaktifkan airplane mode sebelum membaca
  • Melalui widget WhatsApp (hanya berlaku untuk Android).
  • Dari notifikasi saat smartphone berada di lockscreen
  • Dari popup message di smartphone kamu
Game & App Pilihan :  Cara Download Film di Laptop

Menghilangkan centang biru

Cara sembunyikan status online Whatsapp lainnya adalah dengan menghilangkan tanda centang biru atau read receipt.  Dengan menghilangkan tanda centang biru ini orang lain tidak akan tahu apakah kamu sudah membaca chat darinya atau belum. Berikut tutorial untuk menerapkan hal tersebut:

  1. Masuk ke Whatsapp
  2. Klik ikon titik tiga yang berada di pojok atas kanan pada tampilan Whatsapp
  3. Pilih Setting atau Setelan pada tampilan popup
  4. Akan terbuka layar baru, pilih Account atau Akun
  5. Saat terbuka tampilan lainnya, pilih Privacy atau Privasi
  6. Lalu klik toggle yang berada di samping tulisan Read Receipt atau Laporan Dibaca. Ikon bulat pada toggle akan berpindah ke kiri dan berubah warna menjadi abu-abu.

Namun cara ini memiliki beberapa kerugian karena setelan ini berlaku untuk dua arah, seperti:

  • Anda tidak dapat melihat apakah lawan chat Anda sudah membaca pesan dari Anda atau belum
  • Anda tidak dapat melihat siapa yang sudah membaca status yang Anda kirimkan

Oleh karena itu pastikan kamu baik-baik saja dengan hal-hal di atas sebelum melakukan cara menghilangkan centang biru ini ya.

 

Trik tambahan

Untuk lebih meyakinkan orang lain bahwa kamu benar-benar sedang offline, berikut beberapa trik tambahan yang perlu kamu coba:

  • Hapus profile picture Whatsapp kamu
  • Ubah pengaturan About kamu atau Tentang menjadi Busy atau Off. Caranya buka Setelan lalu masuk ke Profil lalu klik About dan pilih status yang kamu inginkan
  • Berhenti untuk mengupdate status atau story di Whatsapp
  • Mengaktifkan mode Do Not Disturb atau Jangan Ganggu jika smartphone kamu mendukung fitur yang satu ini
  • Tidak terlalu sering membuka Whatsapp sehingga status online tidak muncul.

Dengan melakukan trik tambahan ini, dijamin pastinya orang lain akan mengganggap kamu jarang online dan tidak mengganggumu lagi.

Sekarang kamu sudah mengerti cara sembunyikan status online Whatsapp. Pastikan kamu benar-benar membutuhkannya terlebih dahulu sebelum kamu menggunakan cara-cara di atas. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Game dan AplikasiKeren Lainnya :