Cara Menghilangkan Virus Shortcut dengan Mudah Secara Permanen

Posted on

ReXdl.co.idVirus shortcut merupakan salah satu virus yang paling sering menyerang perangkat Laptop mau pun PC. Memang sangat menyebalkan jika di Laptop kita ditemukan virus ini mau pun virus yang lainnya. Oleh sebab itu di sini ReXi akan memberikan cara menghilangkan virus shortcut, pastinya dengan cara yang mudah.

Tapi apakah, sobat ReXlover sudah tahu, apa itu Virus Shortcut ini? Jika belum tahu, tidak ada salahnya jika sobat simak ulasan yang sudah ReXi rangkum di bawah ini :

 

Apa itu Virus Shortcut?

Virus Shortcut ini sendiri merupakan sebuah virus yang cukup sering menyerang perangkat keras PC dan Laptop. Dan perlu sobat ReXlover ketahui jika virus ini mempunyai kapasitas sebagai storage drive. Misalnya seperti harddisk mau pun flash drive dan penularan termudah dari virus ini yang dari flash drive atau USB yang sering sobat ReXlover gunakan.

Virus ini termasuk dalam jenis virus directory virus, sebab virus ini menginfeksi directori yang ada di file PC atau Laptop. Dan juga menyerang storage device sehingga menyebabkan gangguan pada direktori perangkat sobat ReXlover.

Jadi virus yang akan ReXi bahas kali ini bukanlah virus mematikan dan mengharuskan sobat menjalani karantina ya. Sebab yang harus disembuhkan adalah perangkat PC atau Laptop sobat loh.

 

Tanda-tanda PC terkena Virus ShortCut

Memang virus ini terbilang tidak terlalu bahaya jika dibandingkan dengan virus yang lainnya. Akan tetapi, namanya virus tetap saja harus dihilangkan. Sebab keberadaan virus ini akan membuat perangkat sobat ReXlover terganggu.

Berikut ini adalah beberapa tanda tanda dari perangkat yang terjangkit virus shortcut :

1.) Tidak mampu memuat file atau data sebab sudah menjadi corupt.

2.) Virus shortcut biasanya membuat file induk dengan nama databes.mdb. Dan file ini diletakkan di folder MyDocuments bersama dengan dengan file autorun.inf. Dan akan ada pada setiap drive mau pun folder yang ada di komputer sobat ReXlover.

3.) Virus ini pun akan membuat file juga yang bernama file thumb.db. Dan virus shortcut ini pun membuat file Microsoft.inc bersama dengan file yang juga berekstensi ink di setiap folder yang ada di drive PC atau Laptop sobat.

4.) Selain itu virus ini akan membuat sebuah proses yang dinamakan dengan wscript.exe dan berjalan di perangkat sobat. Sobat ReXlover bisa memeriksanya lewat Task Manager.

 

Jika melihat ciri ciri di atas, maka ada di laptop sobat ReXlover, maka sudah dipastikan jika perangkat sobat telah terjangkit virus shortcut. Tidak usah panik, sebab virus ini memang bertujuan untuk menciptakan kepanikan.

Sebaiknya tenangkan diri sobat ReXlover terlebih dahulu dan mari kita cari tahu lebih lengkap mengenai virus yang satu ini.

 

Penyebab PC terkena Virus Shortcut

Virus ini biasanya berasal dari infeksi yang dibawa ke storage device perangkat sobat ReXlover. Sebab pada dasarnya semua virus memiliki penyebaran yang sama. Yakni dengan cara menyebar lewat jaringan perangkat PC atau Laptop. Mau pun menyebar melalui proses transfer data yang dilakukan antar storage.

Sedangkan virus shortcut ini dapat muncul dengan skema seperti di bawah ini :

Game & App Pilihan :  Cek IP Address

Sebuah storage device seperti di flashdisk atau USB Flash Drive yang awalnya sudah terinfeksi oleh virus ini. Dan kemudian sobat ReXlover menyambungkannya dengan PC atau Laptop untuk mentransfer file. Maka virus ini pun akan secara diam diam ditransfer juga ke perangkat.

Dan virus ini pun akan masuk ke dalam storage device lainnya. Yang pastinya terhubung dengan PC yang telah terinfeksi.

Virus ini memang cukup bandel dan sulit untuk dihilangkan, bahkan virus ini menyebabkan banyak file menumpuk dan yang tidak bisa dihilangkan. Namun untuk mendeteksi virus ini terbilang gampang sebab virus ini bisa terdeteksi oleh antivirus.

Maka dari itu cara terbaik untuk melindungi perangkat dari virus ini adalah dengan smadav dan mengupdate selalu antivirus ini secara berkala.

 

Cara Menghilangkan Virus Shortcut

Sebenarnya virus ini tidak terlalu berbahaya dan cukup dihapus. Dibandingkan dengan virus Houdini, virus shortcut terbilang lebih mudah untuk diatas. Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini ReXi akan memberikan cara dan tips untuk menghapus virus shortcut ini dengan beberapa langkah mudah.

Lebih tepatnya, cara ini digunakan untuk mengetahui

 

Mulai Dengan Proses Unhidden Files

Cara menghapus virus copy of shortcut yang pertama adalah dengan melakukan proses unhidden dengan menggunakan menu yang ada di windows. Cara ini dilakukan untuk memastikan jika storage device memang sudah terinfeksi oleh virus. Dan kamu akan mengatasinya dengan menggunakan cara di bawah ini :

1.) Bukan control panel di windows melalui menu start.

2.) Lalu silahkan pilih folder opstion dan masuk ke tab views.

3.) Di menu tab view ini silahkan sobat ReXlover cari pada bagian Hidden Files dan Folder. Lalu jangan lupa untuk memilih opsi Show Hidden files, folder anda drives.

4.) Dan langsung saja klik OK.

 

Cara ini seharusnya dapat memunculkan file yang sudah terhidden. Namun jika masih belum muncul juga, sudah dipastikan jika perangkat sobat ReXlover sudah terjangkit virus shortcut.

Lalu bagaimana cara menghapus virus shortcut di komputer sampai bersih? Berikut ini adalah caranya :

 

Lakukan Proses Remove Attribute pada Storage Device

Langkah berikutnya setelah kamu melakukan langkah pertama adalah dengan membuat semua file yang terhidden baik di windows 10. Mau pun file yang ada di windows 7, ya pokoknya file tersembunyi yang ada di storage device perangkat sobat.

Sobat ReXlover sendiri bisa melakukan langkah ini dengan cmd sebagai bantuannya :

1.) Pertama sobat ReXlover bisa memilih Coomand Prompt dari start menu.

2.) Selanjutnya akan terlihat window commant prompt yang mana di sini sobat ReXlover bisa mengetikan drive letter di drive storage yang bermasalah. Misalnya drive storage sobat ReXlover yang bermasalah adalah yang ada di drive D, maka kamu bisa mengetik D: Drive Storage sobat yang mengalami masalah dan klik enter.

3.) Kemudian command prompt kemudian akan menunjukkan drive F sehingga sobat bisa menghapus attribute yang ada di dalamnya.

4.) Untuk menghapus attribute sendiri sobat bisa menuliskan command di bawah ini di window command prompt :

Attrib –s –h –r /s /d lalu sobat ReXlover bisa klik tombol enter.

Penjelasan

-s;Adalah command yang digunakan untuk menghilangkan atribut file shortcut.
-h;Menghilangkan atribut hidden file.
-r;Menghilangkan atribut read-only.

 

Jika sodah melakukan langkah ini, seharusnya sih file dan data yang tersembunyi atau yang sudah menjadi shortcut disebabkan oleh adanya virus akan muncul lagi. Serta bisa sobat ReXlover gunakan kembali seperti semula. Dan seharusnya cara ini dapat bertahan secara permanen.

Game & App Pilihan :  6 Cara Unlock Bootloader Xiaomi dengan Mi Flash Unlock Tools

Sebab cara ini tidak hanya bisa digunakan untuk menghilangkan atribut saja akan tetapi juga bisa digunakan untuk menghilangkan virus juga.

 

Sobat ReXlover Bisa Mulai Menghapus Virus dari Storage Device

Jika permasalahan mengenai file dan juga data yang tersembunyi serta berubah menjadi shortcut sudah sobat ReXlover selesaikan. Sekarang waktunya untuk menghapus virus dan membuangnya dari sistem perangkat sobat.

Berikut ini adalah caranya :

 

Menggunakan Antivirus

Antivirus memang bisa digunakan untuk mendeteksi keberadaan virus dengan memanfaatkan proses scanning pada drive storage sobat ReXlover. Sehingga apabila terdeteksi virus maka  antivirus ini akan langsung menghapus virus yang ada di drive storage.

Jadi sobat bisa memanfaatkan antivirus seperti Smadav untuk membersihkan perangkat dari virus shortcut.

 

Menghapus File Secara Manual

Meskipun antivirus terbilang ampuh tapi tidak ada salahnya jika sobat mencoba cara lain untuk menghapus virus ini. Salah satunya dengan cara manual atau tanpa antivirus.

Caranya cukup mudah kok, sobat ReXlover cukup mencari file yang ada di storage device dan mempunyai ekstensi file ink. Jika sobat ReXlover menemukannya, maka sobat bisa langsung menghapusnya. Dan langkah ini dapat menghapus virus sekaligus loh.

 

Cara Mencegah Virus Shortcut Datang Lagi

Setelah sobat ReXlover melakukan langkah di atas untuk membasmi virus shortcut, selanjutnya sobat bisa mencegah virus ini datang kembali yakni dengan cara seperti berikut :

1.) Melalukan proses scanning pada saat menghubungkan perangkat storage device sobat ReXlover pada perangkat PC atau Laptop.

2.) Scanning bisa bisa sobat ReXlover lakukan pada saat storage device belum pernah terhubung dengan perangkat sobat sebelumnya.

3.) Update software antivirus secara berkala ya sobat ReXlover karena aktivasi antivirus saja tidak cukup. Sobat ReXlover juga harus sering mengupdatenya ke versi terbaru.

4.) Jangan lupa backup data data dan file yang penting dari storage device sobat.

5.) Selalu hati hati dalam menggunakan fitur cloud storage yakni sebuah penyimpanan data yang ada di website serta aplikasi online. Misalnya seperti dropbox, google drive hingga one clound yang bisa sobat ReXlover manfaatkan.

6.) Sobat ReXlover harus selalu berhati hati ketika hendak menghubungkan storage device, apalagi jika storage device tersebut portable seperti flash drive hingga harddisk eksternal di perangkat asing seperti PC milik orang lain atau warnet.

 

Penutup

Pada dasarnya virus ini sendiri memang tidak terlalu berbahaya ya sobat ReXlover. Dan tidak akan membuat data menjadi corrupt mau pun hilang secara permanen loh. Virus shortcut ini juga tidak akan membuat perangkat menjadi rusak.

Hanya saja virus ini tetap menyebalkan dan wajib untuk dibasmi dengan menggunakan cara menghilangkan virus shortcut yang sudah ReXdl.co.id berikan. Sampai jumpa lagi dengan ReXi di ulasan menari lainnya, sampai jumpa dan Wassalam….

 

Aplikasi dan Game Keren Lainnya :