Cara Update Windows 7 ke 10

Posted on

Cara Update Windows 7 ke 10

ReXdl.co.id Cara update Windows 7 ke 10 berikut ini mungkin saja bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian yang ingin berpindah dari Windows 7 ke Windows 10.

Cara untuk melakukan upgrade pun terbilang mudah dan tidak membutuhkan keterampilan khusus sehingga bisa dilakukan sendiri.

Meski begitu masih banyak orang yang merasa takut untuk mengupgade perangkat mereka ke OS Windows 10 dengan berbagai alasan.

Karena tidak tahu caranya atau mengganggap caranya cukup sulit dan rumit jika dilakukan sendiri. Oleh sebab itu, simak ulasan di bawah ini untuk tahu bagaimana cara update windows 7 ke 10 dengan cara yang terbilang mudah.

Sebab cara ini sangat penting untuk dipelajari terutama bagi pengguna OS Windows 7 yang kini sudah tidak lagi mendapatkan support dari Microsoft.

Yuk, langsung saja simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya.

 

Mengapa Kita Harus Beralih ke Windows 10

Seperti yang sudah diumumkan oleh Microsoft bahwa pihak mereka sudah menghentikan dukungan pada Sistem Operasi atau OS Windows 7 sejak Januari 2020 kemarin.

Bersamaan dengan pernyataan tersebut Microsoft juga mengumumkan jika Windows tidak akan mendapatkan security Updates, Upgrade berkala hingga technical support dari Microsoft.

Hal ini bisa diartikan bahwa sebuah perangkat baik Laptop mau pun PC yang masih menggunakan OS Windows 7 akan lebih mudah atau memiliki risiko terjangkit malware atau virus lebih tinggi dibanding dengan perangkat yang sudah menggunakan Windows 10 ke atas.

Sebab Microsoft sudah tidak akan memberikan perlindungan dan menambal celah keamanan lewat security updates pada OS Windows 7 sejak dukungan pada sistem operasi ini dihentikan.

Sehingga para pengguna OS Windows 7 sangat disarankan untuk segera beralih dan mengupgrade OS mereka ke Windows 10. Hal ini pastinya dilakukan selain untuk memberikan kenyamanan pada pengguna namun juga untuk menjaga agar perangkat tetap aman.

Dengan Windows 10 kalian akan mendapatkan fitur fitur baru yang tidak ada pada Windows 7.

 

 

Microsoft Hentikan Dukungan Sistem Operasi Windows 7

Secara resmi Microsoft telah menghentikan dukungan mereka pada sistem operasi atau OS Wndows 7 yang diberlakukan sejak Januari tahun 2020 kemarin. Pemberitahuan ini pun sebenarnya sudah diberikan sejak tahun 2019.

Di sini pihak Microsoft pun sudah memberikan imbauan pada pengguna Windows 7 agar mereka melakukan upgrade ke Windows 10.

Game & App Pilihan :  Download IDM 6.32 Full Crack

Selain itu Microsoft pun juga sudah menyediakan tool nya loh.

Wajib sobat tahu juga jika Windows 10 dirilis pada Juli 2015 silam dan memberikan penawaran upgrade gratis bagi pengguna Windows 7, 8 hingga 8,1 pada Juli 2016 atau satu tahun setelah perilisan Windows 2015.

Hingga kini layanan tersebut masih bisa digunakan bagi pengguna yang hendak berpindah dari Windows 7 ke Windows 10.

Tapi meski begitu untuk mengupgrade Windos 7 ke Windows 10, sobat juga harus mengetahui apa saja syarat syarat dan risiko yang mungkin saja bisa terjadi pada perangkat sobat.

Paling penting sobat juga harus tahu apakah spesifikasi yang perangkat sobat miliki cocok dan layak untuk melakukan upgrade ke Windows 10.

 

 

System Requirements Windows 10

Seperti yang sudah dirilis secara resmi oleh Microsoft pada situs resmi mereka mengenai syarat yang harus dipenuhi oleh sebuah perangkat sebelum memutuskan untuk mengupgradenya ke Windows 10.

Berikut ini adalah beberapa syarat yang harus dimiliki oleh sebuah perangkat jika ingin mengupgradenya ke Windows 10 :

Prosesor Harus memiliki prosesor minimal 1GHz
RAM untuk 32-bit minimal harus memiliki RAM 1GB dan untuk 64-bit minimal harus memiliki RAM 2GB.
Ruang Penyimpanan untuk 32-bit minimal harus memiliki ruang penyimpanan sebesar 16 GB sedangkan untuk 64-bit minimal harus memiliki ruang penyimpanan 32 GB.
Kartu Grafis Minimal sudah menggunakan Direct 9 atau lebih tinggi dengan driver WDDM.
Display Memiliki tampilan minimal 800 x 600 piksel.
Koneksi Internet Wajib memiliki koneksi internet sebagai pendukung proses upgrade dan mengunduh Windows 10.

 

 

Jadi coba perhatikan dan simak baik baik spesifikasi yang pada pada perangkat sobat baik itu PC, Komputer hingga Laptop yang ingin diupgrade ke Windows 10. Pastikan perangkat sobat memiliki spesifikasi dan memenuhi beberapa syarat hardware seperti yang sudah kami rangkum di atas.

Sehingga proses upgrade pun menjadi tidak terkendala dan lancar.

Sebab jika dipaksakan mengupgrade Windows 10 pada perangkat yang tidak memenuhi standar dan semua persyaratan di atas maka hanya akan membenani perangkat yang sobat miliki.

Risiko terbesarnya adalah perangkat kalian mengalami beberapa kendala dan juga kerusakan yang pastinya akan merugikan kalian.

Jadi wajib diperhatikan baik baik ya.

 

 

Cara Uptade Windows

Untuk mengupgrade OS Windows 7 ke Windows 10 dibutuhkan 5 langkah mudah yang bisa sobat pratikkan sendiri di rumah.

Sebelum itu pastikan jika sobat memiliki koneksi internet yang mumpuni agar bisa digunakan untuk mengunduh dan melakukan upgrade ke Windows 10. Karena proses ini juga memakan waktu, jadi pastikan kamu juga memiliki kesabaran untuk melakukan proses ini.

Game & App Pilihan :  Injector Apk - HTTP, SSH, dan Cara Menggunakannya

Nah, berikut ini cara upgrade Windows 7 ke 10 dengan cara yang mudah :

1.) Kunjungi situs resmi Windows 10 di sini :

2.) Lalu pada tautan ini pilihlah Meni Create Windows 10 Instalation Media lalu klik Download Tool Now.

3.) Pada saat proses pengunduhan selesai langsung saja klik Run pada file tersebut kemudian pilih Upgrade This PC Now.

4.) Ikuti langkah langkah yang diberikan dan proses pun akan berjalan, di sini sobat hana tinggal menunggu hingga proses upgrade selesai.

5.) Jika proses upgrade sudah selesai maka kalian bisa buka Setting Update & Securuty >Activation. Nah di situ kalian akan menemuan lisensi digital dari Windows 10 yang artinya proses upgrade dari Windows 7 ke Windows 10 sukses.

 

Ada beberapa hal yang wajib sobat perhatikan bagi pengguna Windows 7 dan 8 Home, karena updgrade hanya bisa dilakukan ke Windows 10 Home. Dan hal tersebut juga akan berlaku bagi pemegang lisensi Windows 7 dan 8 Pro.

Selain itu apabila terjadi kegagalan pada saat melakukan upgrade, hal ini biasanya terjadi pada perangkat tertentu. Khususnya bagi perangkat Laptop atau PC yang diproduksi di bawah tahun 2015 atau pada saat sebelum 10 dirilis.

Maka dari itu sangat disarankan untuk memeriksa perangkat kalian sebelum melakukan upgrade.

Kemudian hal yang tak kalah penting adalah dengan memeriksa semua driver dan juga adpter apakah ada yang belum diupdate. Maka update terlebih dahulu kemudian putuskan sambungan dari external device lalu cobalah untuk melakukan proses upgrade ke Windows 10 lagi.

 

Akhir Kata

Jadi sekarang sudah tahu kan, bagaimana cara update Windows 7 ke 10 dengan mudah lewat ulasan di atas. Pastikan jika sobat juga sudah membaca apa saja syarat yang wajib dipenuhi oleh perangkat sobat agar bisa diupgrade ke Windows 10. Selamat mencoba ya!

 

 

Rekomendasi Aplikasi dan Game Keren Lainnya :