Cek Tagihan Listrik

Posted on

Cek Tagihan Listrik

ReXdl.co.id – Beberapa kendala belakangan terjadi pada rekening listrik. Membuat masyarakat harus rajin cek tagihan listrik. Lantaran, seringnya kejadian seperti pembengkakan tagihan listrik tanpa kita ketahui. Jelas sekali masalah tersebut cukup meresahkan dan membuat kita jadi rugi.

Namun, belum banyak masyarakat yang tahu bagaimana caranya melihat tagihan listrik. Termasuk pemakaian listrik di rumah atau kantor. Karena itu, pada kesempatan ini, kami akan memberikan beberapa cara agar kamu bisa melihat dan memantau penggunaan listrik milikmu.

 

Ketahui Dulu Nomor Id Pelangganmu

Sebelum kita mengecek jumlah tagihan listrik. Ketahui dulu ni berapa sih nomor id pelanggan milikmu. Karena Id pelanggan ini sangat penting dan dibutuhkan saat pengecekan, loh.

Umumnya nomor Id tersebut dibiliki oleh pengguna yang menggunakan listrik pascabayar atau token listrik. Karena menganggap gak terlalu penting. Banyak masyarakat lupa akan nomor tersebut. Namun, gak perlu risau, lantaran kamu bisa dengan mudah mengecek dulu nomor Id nya sebelum lanjut cek tagihan listrik.

Pertama, kalian bisa dengan mudah menemukan nomor tersebut melalui meteran di box listrik. Disana kalian akan menemukan deretan angka berjumlah mulai dari 11-12 digit. Angka-angka tersebutlah merupakan nomor Id Pelanggan listrik di rumah atau kantor kalian.

Jika kamu tidak menemukan angka, melainkan sebuah barcode. Maka, kalian hanya perlu lakukan scan barcode tersebut lewat smartphone. Begitu di scan, barulah muncul beberapa digit nomor Id pelanggan. Mudah, sekali kan.

 

Bisa Cek ID Pelanggan Lewat Aplikasi PLN

Cara lain bisa kamu lakukan untuk cek nomor pelanggan. Apabila nomor atau barcode di meteran listrik telah rusak. Hingga gak bisa di baca atau di scan lagi. Nah, kamu bisa nih dengan memanfaatkan aplikasi PLN tuk mengecek nomor pelanggan.

Langkah penggunaannya gampang banget. Kamu hanya perlu download dan install aplikasi PLN yang dapat ditemukan lewat Play Store. Selanjutnya buka aplikasi tersebut. Kamu bisa daftar akun dulu menggunakan alamat gmail.

Berikutnya pelanggan lakukan konfirmasi dulu. Dengan klik menu profil. Kemudian masukkan NIK KTP. Dilanjutkan dengan foto KTP dan foto selfie dirimu bersama KTP.

Barulah kalian bisa melihat ID Pelanggan. Dengan menambahkan nomor ID dengan mengetikkan nama lengkap sesuai rekening tagihan. Serta, masukkan nomor induk KTP yang juga sesuai sama rekening tagihan.

Game & App Pilihan :  Download Tinder Gold Mod Apk 2020 Versi Terlengkap

 

Mari Cek Tagihan Melalui Beberapa Cara

Setelah pelanggan tahu bagaimana caranya cek nomor pelanggan. Sudah saatnya kita masuk ke pembahasan bagaimana sih cara cek tagihan listrik yang benar. Nah, untuk mengecek tagihan pun nyatanya gampang banget.

Bahkan menggunakan beberapa cara dibawah ini. Kamu bisa mengetahui tagihan secara akurat. Bahkan detail lainnya, seperti nama pemilik, total watt, hingga lama pemakaian. Baiklah, langsung saja kita masuk kedalam pembahasannya.

Cek Tagihan Bisa Juga Lewat Apk PLN

Selain digunakan untuk mengetahui nomor Id pelanggan. Dengan adanya aplikasi PLN, masyarakat pun bisa dengan mudah melihat jumlah tagihan secara akurat dan pasti. Makannya, aplikasi yang telah kamu pasang jangan langsung dihapus, ya.

Cara mudah saja, buka aplikasi PLN di ponsel android atau Iphone kalian. Pastikan sudah login dan verifikasi akun, ya. Langsung saja, pilih menu Token dan Tagihan.  Ketikkan nomor Id Pelanggan. Terakhir klik cari.

Tunggu beberapa saat. Dan detail tagihan listrik pun langsung muncul di aplikasi tersebut. Dengan begini kamu bisa deh mengecek tagihan secara berkala lewat aplikasi PLN dengan mudah. Pastikan, tagihan mu dalam keadaan normal.

Bisa Juga Menggunakan Website PLN

PLN pun tak hanya menghadirkan aplikasi buat membantu masyarakat. Hadir pula website yang bisa diakses semua kalangan. Salah satunya untuk cek tagihan internet. Aksesnya gampang banget, bisa lewat berbagai macam perangkat dan berbagai browser. Biar gak bingung, berikut kami siapkan tahapannya.

  1. Ketikkan layanan.pln.co.id di browser ponsel atau laptop kamu.
  2. Jika laman berhasil terbuka sempurna, lakukan proses daftar dulu karena merupakan syarat utamanya.
  3. Setelah klik daftar. Isikan identitas mu. Dari alamat e-mail, nama lengkap, nomor ponsel, kata sandi, dan konfirmasi kata sandi.
  4. Verifikasi captcha yang ada.
  5. Klik daftar untuk menyelesaikan proses ini.

 

Setelah berhasil lakukan pendaftaran. pengguna kemudian lakukan login dulu menggunakan email dan kata sandi terdaftar di website PLN. Berikutnya baru deh kamu dapat mengecek jumlah tagihan listik dengan memilih info layanan. Lalu klik informasi tagihan listrik/pembelian token.

Lanjut masukkan nomor Id Pelanggan, klik cari. Kalau nomor pelanggan benar, maka kamu akhirnya bisa melihat secara jelas deh jumlah tagihan listrik mu selama ini.

 

Lebih Mudah Lagi Melalui Tokopedia

Tak hanya lewat aplikasi dan website PLN. Masyarakat pun gak perlu pusing-pusing mengecek tagihan listrik. Lantaran, bisa juga melalui salah satu market place terbesar di Indonesia, yakni Tokopedia.

Ya, hampir seluruh masyarakat pasti memiliki aplikasi tersebut diponsel. Bahkan menggunakannya untuk kegiatan belanja sehar-hari.

Game & App Pilihan :  Cara Membuat Alamat di Google Maps

Selain digunakan untuk belanja, kamu pun dapat menggunakan aplikasi ini untuk sekedar cek tagihan listrik secara berkala. Berikut beberapa langkahnya. Silahkan buka aplikasi Tokopedia pada ponsel. Pilih top up dan tagihan.

Pilihlah menu listrik PLN, Kemudian tap tagihan listrik pada kolom jenis produk listrik. Lanjut input nomor meteran atau Id Pelanggannya. Klik Lanjut. Otomatis kamu bakal langsung melihat jumlah tagihan listrik akurat di aplikasi Tokopedia ini. Simpel banget,ya.

 

Segera Lapor Apabila Terjadi Masalah

Kini kita tahu kalau melakukan pengecekan tagihan listrik secara berkala adalah hal gampang. Yakni, bisa melalui cara diatas. Nah, semisal kamu menemukan kejanggalan atau permasalahan yang terjadi pada tagihan mu.

Misalnya, tagihan membengkak, status pembayaran, pemblokiran listrik, dan lainnya. Jangan kamu biarkan begitu saja.

Pelanggan haruslah melaporkan permasalahan tersebut langsung ke pihak PLN. Agar bisa ditindak lanjut. Kamu pun dapat menghubungi call center PLN pada nomor (021) – 123. Atau bisa juga melalui akun official facebook dan twitter PLN, ya.

Selain itu, kemudahan laporan kasus pun bisa dengan mudah kalian lakukan. Yakni melalui aplikasi PLN. Pilih menu profil, lalu tap pada layanan bantuan. Ada beberapa pilihan, nih. Kamu bisa lapor melalui telepon call center, email, dan live chat.

Kami sarankan, pelanggan gunakan fitur live chat dengan CS ya, supaya masalah bisa langsung ditangani. Berikan penjelasan secara detail agar customer service bisa melanjutkan proses permasalahan tersebut hingga memberikan solusi paling tepat.

Melalui laman resmi layanan.pln.go.id. Masyarakat bisa juga melaporkan terkait kendala tagihan listrik, loh. Karena disini tersedia fitur live chat. Pengguna cukup akses laman resmi PLN, lalu klik icon contact center PLN 123.

Isikan identitas mu. Termasuk nama, nomor handphone, e-mail, Id pelanggan, dan pesan keluhannya. Klik kirim. Nantinya, proses keluhan tersebut akan ditindak lanjuti oleh PLN. Kamu juga bisa melihat proses laporan tersebut melalui alamat e-mail.

Kini permasalahan megenai tagihan listrik bisa diatasi. Masyarakat pun gak kebigungan lagi melihat tagihan listrik dan melaporkannya secara langsung apabila ada kesalahan. Demikianlah artikel kita kali ini yang menbahas tentang cara cek tagihan listrik. Jangan lupa share artikel ini seluas-luasnya, ya.

 

Aplikasi dan Game Lainnya :