Kunci Jawaban Usaha Masyarakat dalam Menjaga Kelestarian Lingkungan Alam Kelas 4 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 6
Kunci Jawaban Usaha Masyarakat dalam Menjaga Kelestarian Lingkungan Alam Kelas 4 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 6

Kunci Jawaban Usaha Masyarakat dalam Menjaga Kelestarian Lingkungan Alam Kelas 4

Halo anak-anak, Usaha Masyarakat dalam Menjaga Kelestarian Lingkungan Alam adalah materi yang terdapat pada pembelajaran 6, subtema 2, tema 9 kelas 4. Materi tersebut akan kita bahas dan jawab secara lengkap kali ini ya Anak-anak. Sudahkah Anak-anak semua mengetahui bagaimana cara memanfaatkan sumber daya alam di sekitar kita? Supaya lebih dapat memahami, Yuk, kita simak materinya bersama-sama di bawah ini.

Jawaban Usaha Masyarakat dalam Menjaga Kelestarian Lingkungan Alam Kelas 4 Tema 9 Halaman 93

Ayo Membaca

Pemanfaatan sumber daya alam harus dilakukan dengan hati-hati dan bijaksana. Sumber daya alam yang kita miliki harus dilestarikan. Kita tidak boleh memanfaatkan secara sembarangan. Jika sumber daya alam yang kita miliki habis atau rusak, kita terancam bencana. Lingkungan yang rusak dapat mengancam kehidupan masyarakat. Misalnya jika laut tercemar, maka ikan juga akan tercemar, dan orang yang memakannya juga akan sakit.

Menjaga kelestarian alam merupakan kewajiban kita, baik sebagai individu maupun masyarakat. Betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan sumber daya alam yang ada di dalamnya. Sudah sepatutnya dalam bentuk kerja sama antaranggota masyarakat maupun dengan pemerintah diwujudkan.

Bentuk-bentuk kerja sama yang dapat dilakukan antara lain sebagai berikut.

1. Kerja sama warga masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan

Kerja sama warga masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan

Anggota masyarakat merupakan unsur yang menikmati sumber daya alam sekaligus unsur yang merasakan langsung dampak jika terjadi kerusakan lingkungan. Oleh karena itu, setiap anggota masyarakat berkewajiban bahu-membahu dan bekerja sama dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Berikut upaya-upaya yang dapat dilakukan secara berkerja sama dalam menjaga kelestarian lingkungan dan sumber daya alam di dalamnya.

a. Melaksanakan kerja bakti kebersihan secara rutin.

b. Saling mengingatkan jika ada yang merusak lingkungan.

c. Melakukan kegiatan reboisasi di lingkungan sekitar tempat tinggal.

d. Mengelola sampah dengan baik.

2. Kerja sama warga masyarakat dengan pemerintah dalam menjaga kelestarian lingkungan

Kerja sama antara masyarakat dengan pemerintah dapat dilaksanakan dengan penetapan dan pelaksanaan peraturan dan program-program lingkungan hidup.

a. Memberikan sanksi sepadan kepada perusak lingkungan.

b. Memberikan hadiah dan penghargaan kepada pribadi ataupun kota yang menjaga kelestarian lingkungan seperti adipura dan kalpataru.

c. Membentuk LMDH atau Lembaga Masyarakat Desa Hutan untuk mengontrol secara swadaya kelestarian hutan.

d. Menyediakan tempat pembuangan sampah.

Jika masyarakat dan pemerintah telah melaksanakan kewajibannya terhadap lingkungan, maka manfaat dari lingkungan pun bisa kita dapatkan. Manfaat tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Hidup aman terhindar dari bencana alam.

2. Hasil alam yang melimpah.

3. Hidup nyaman karena lingkungan asri dan udara bersih.

4. Kebutuhan tercukupi dengan baik karena telah disediakan alam.

5. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam.

6. Sumber daya alam yang terjaga dengan baik menjadi modal pembangunan.

Ayo Mengamati

Amati perilaku dan kegiatan-kegiatan masyarakat di sekitar tempat tinggalmu berkaitan dengan usaha-usahanya dalam menjaga kelestarian lingkungan alam beserta manfaat yang bisa dirasakan.

Tuliskan pada tabel berikut!

Jawaban Usaha Masyarakat dalam Menjaga Kelestarian Lingkungan Alam Kelas 4 Tema 9 Halaman 93

Jawaban Usaha Masyarakat dalam Menjaga Kelestarian Lingkungan Alam Kelas 4 Tema 9 Halaman 94

Ayo Membaca

Kerja Bakti di Hari Minggu, Bentuk Pelaksanaan Kewajiban Masyarakat Terhadap Lingkungan

Kegiatan kerja bakti di hari Minggu telah menjadi budaya di sebagian besar masyarakat Indonesia. Kerja bakti ini dilakukan secara sadar oleh masyarakat dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang menyangkut lingkungan.

Banyak kegiatan dalam kerja bakti seperti membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal dengan menyapu, mencabut rumput liar, menebang dahan pohon yang mengganggu, membersihkan got dan saluran air, serta membersihkan sampah. Masyarakat sadar, dengan kerja bakti akan membuat lingkungan tempat tinggal menjadi bersih dan asri. Hal ini akan berdampak pada kehidupan masyarakat. Masyarakat dapat hidup dengan nyaman, aman, dan sehat.

Kerja bakti merupakan contoh kegiatan manusia yang selaras dengan lingkungan. Masyarakat melaksanakan kewajibannya terhadap lingkungan dengan menjaga kelestariannya, maka akan berdampak positif bagi kehidupan masyarakatnya itu sendiri. Masyarakat akan terhindar dari bencana alam.

Ayo Mengamati

Berikan contoh bentuk-bentuk kerja bakti sebagai pelaksanaan kewajiban terhadap lingkungan!

Jawaban:

a. Di lingkungan rumah

Contoh bentuk kerja bakti:

Bergotong royong membersihkan halaman rumah

Bersama-sama membantu ibu memasak

Bersama-sama membantu ayah mencuci mobil

Bersama-sama melakukan kegiatan menanam bunga di rumah

Bersama-sama mengepel lantai rumah

b. Di lingkungan sekolah

Contoh bentuk kerja bakti:

Melaksanakan piket kelas bersama-sama

Bersama-sama menghias sekolah jelang perayaan hari kemerdekaan

Bersama-sama membersihkan perpustakaan sekolah

Bersama-sama membersihkan lingkungan sekolah

Bersama-sama mengerjakan mading sekolah

c. Di lingkungan masyarakat

Contoh bentuk kerja bakti:

Gotong royong membangun jembatan

Kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar

Bergotong royong menyiapkan kegiatan hari besar agama

Bergotong royong membangun tempat ibadah.

Bergotong royong melakukan penghijauan di lingkungan sekitar

Jawaban Usaha Masyarakat dalam Menjaga Kelestarian Lingkungan Alam Kelas 4 Tema 9 Halaman 95

Ayo Berlatih

Amatilah perilaku orang-orang di sekitarmu! Sebut dan identifikasikan perilaku-perilaku yang menujukkan pelaksanaan kewajiban dalam menjaga kelestarian lingkungan! Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu. Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu, Bapak/Ibu uru, atau orang-orang lain di sekitarmu. Buatlah laporan hasil wawancaramu seperti kotak berikut.

LAPORAN HASIL WAWANCARA

Nama : REX

Pertanyaan yang diajukan: Kegiatan-kegiatan apa yang sudah anda lakukan dalam menjaga kelestarian lingkungan?

Hasil Wawancara:

Jawaban Usaha Masyarakat dalam Menjaga Kelestarian Lingkungan Alam Kelas 4 Tema 9 Halaman 95 Laporan hasil wawancara

Kesimpulan :

Lingkungan harus kita jaga kelestariannya karena apabila lingkungan tidak ada maka manusia, hewan, dan tumbuhan tidak dapat bertahan hidup.

Jawaban Usaha Masyarakat dalam Menjaga Kelestarian Lingkungan Alam Kelas 4 Tema 9 Halaman 97-98

Ayo Mencoba

1. Apa sumber energi kereta kertas?

Jawaban: Kereta kertas menggunakan sumber energi angin

2. Bagaimana kereta kertas bisa bergerak?

Jawaban: Kereta kertas dapat bergerak karena ada tiupan angin pada bagain belakang

3. Tuliskan laporan dari hasil percobaan yang telah kamu lakukan!

Jawaban:

Laporan Percobaan Membuat Mainan Bertenaga Angin

I. Tujuan Percobaan: Mengetahui pemanfaatan perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari

II. Alat dan bahan:         

Satu kemasan bekas minuman kemasan.

Satu sedotan bekas minuman kemasan.

Empat tutup botol bekas minuman.

Satu batang lidi.

Lem.

III. Langkah-langkah Percobaan:

1. Potong sedotan menjadi dua dan rekatkan ke kotak minuman. Sedotan ini berfungsi sebagai tempat as atau poros roda.

2. Lubangi keempat tutup botol ditengah-tengah. Potong lidi sukuran lebar kotak dan ditambah 5 cm. Masukann lidi ke tutup botol.

3. Masukan roda ke dalam sedotan dan badan kereta pun sudah terbentuk.

4. Tambahkan aksesoris seperti cerobong asap dan ruang masinis.

5. Cara memainkannya dengan meniup bagian belakang kereta. Karena kereta ini sangat ringan maka dengan tiupan kereta pun akan bergerak ke depan

IV. Hasil Percobaan:      

Ketika kereta mainan ditiup pada bagian belakan, kereta bergerak ke depan. Kegiatan tersebut menunjukkan pemanfaatan energi.

V. Kesimpulan:

Dari pengamatan percobaan yang telah dilakukuan dapat disimpulkan energi angin dapat dimanfaatkan sebagai sumber tenaga pada mainan bertanaga angin

Kesimpulan

Demikian pembahasan materi kita tentang Usaha Masyarakat dalam Menjaga Kelestarian Lingkungan Alam yang dapat kalian temukan pada Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 6. Bagaimana anak-anak, menarik bukan materi belajar kita kali ini? Supaya anak-anak dapat lebih memahami materi ini, Kalian dapat bertanya dan berdiskusi dengan orang tua tercinta Kalian di rumah ya. Dan jangan lupa, tuliskan hasilnya pada buku tulis kalian ya! Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Kunci Jawaban Bacaan Pemanfaatan Sumber Daya Alam Kelas 4

Kunci Jawaban Manfaat Minyak Bumi untuk Kebutuhan Manusia

Kunci Jawaban Bacaan Macam-Macam Energi Kelas 4 Tema 9

Kunci Jawaban Bacaan Cinta Tanah Air Kelas 4 Tema 9

Kunci Jawaban Bacaan Manfaat Sumber Daya Energi Kelas 4 Tema 9

Kunci Jawaban Hidup Rukun Sebagai Warga Masyarakat Kelas 5 tema 9

Kunci Jawaban Mengidentifikasi Sifat Campuran Kelas 5 tema 9