Cara Mengaktifkan NET Framework 3.5 Pada Windows 10 Secara Offline

Cara Mengaktifkan NET Framework 3.5 Pada Windows 10 Secara Offline

Laptop dan komputer yang digunakan secara terus menerus tentu kadang kala mengalami hambatan. Hambatan bisa terjadi karena eror di bagian elemen tertentu. Yang sering muncul adalah NET Framework 3.5 membutuhkan sedikit perbaikan atau karena belum diaktifkan.

Menggunakan perangkat Windows 10 kadang juga terjadi hal tidak diinginkan sehingga perangkat tidak merespon apapun. Ketika tidak ada respon muncul peringatan aplikasi membutuhkan fitur tertentu yang bernama dot net framework.

 

Fungsi NET Framework dan Cara Kerjanya

NET Framework bisa disebut sebagai suatu kerangka kerja di bagian pemrograman yang dibuat Microsoft. Pemrograman ini digunakan para pengembang sebagai pembuat aplikasi agar lebih mudah digunakan.

Menilik pentingnya aplikasi tersebut, banyak fungsi yang didapatkan dengan adanya NET Framework. Fungsi utamanya adalah sebagai pengeksekusi dan penerjemah perangkat lunak supaya dapat berjalan pada sistem operasi Windows.

Memang tidak sepenuhnya semua aplikasi membutuhkan NET Framework, biasanya aplikasi ini dibutuhkan untuk diinstal pada kondisi tertentu. Fungsi daripada NET Framework ini adalah sebagai berikut:

Memudahkan Update

Jika kamu selesai melakukan instalasi, secara otomatis Windows akan diperbaiki dengan paket layanan terbaru. Hal ini terjadi jika ditemui pemberitahuan melalui panel kontrol, yang akan meminta kamu untuk instal. Maka Microsoft Update akan diperbaharui secara langsung.

Memberi Manfaat untuk Aplikasi Komersial

Beberapa aplikasi baik itu pihak ketiga atau komersial tergantung sekali pada Net Framework. Hal ini digunakan sebagai pendukung fungsi utama yang telah tersedia. Misalnya saja Streamload, Paypal, Microsoft Security Essentials, hingga Kerapu.

Adanya aplikasi-aplikasi penting akan terbantu dengan adanya NET Framework. Ketika dibutuhkan instalasi maka NET Framework 3.5 akan mempercepatnya dengan mudah. Hal ini tentunya penting untuk para pengguna yang membutuhkan aplikasi urgent tersebut.

Fungsi penting membuat orang penasaran akan cara kerjanya. Sistem operasi pada sebuah perangkat Windows biasanya sudah terdapat NET Framework, hanya saja harus di ceka sudah aktif atau belum.

Jika sudah aktif artinya sudah dapat digunakan untuk sistem operasi Windows. Jika belum aktif, kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu secara manual dengan tahapan tertentu. Sedangkan komponen utama dari NET Framework adalah CLR dan .Net Framework Class Library.

CLR memiliki fungsi penting yang tidak bisa diabaikan dan dipungkiri. Beberapa diantaranya untuk pengaturan memori, jaminan keamanan, hingga kesalahan ketika runtime. Kerangka kerja sendiri masuk pada bagian class library dengan area lebih luas.

Misalnya saja kebutuhan program interface, pembuatan aplikasi berbasis web, kriptografi, komunikasi jaringan dan algoritma numerik. Fungsi di class library biasanya digunakan membuat kode dalam program aplikasi yang diciptakan para programmer.

 

Cara Instal dan Aktifkan Secara Offline di NET Framework 3.5 Windows 10

Cara mudah dapat kamu lakukan sendirian jika mengetahui tahapan prosesnya. Yang perlu dilakukan sebelum mengaktifkan NET Framework di PC, kamu harus memiliki file ISO dari Windows 10.

Tidak perlu bingung untuk mendapatkan file tersebut karena bisa didapatkan dari flashdisk. Dapat pula dengan DVD installer Windows dan hard disk jika ternyata kamu pernah menyimpannya. Apabila sudah ada file tersebut dapat melakukan tahapan berikut.

  1. Segera saja kamu memasukkan file ISO Windows 10 lewat Bootable Flashdisk. Bisa pula dengan DVD Install dan tunggu hingga bisa terbuka.
  2. Kamu pilih Mount dengan car aklik kanan.
  3. Mount selesai, kamu dapat melakukan langkah selanjutnya yaitu file dan folder yang ada di sana.
  4. Mulailah membuka folder sources ke sxs, hal ini untuk mulai instal NET Framework. Sebelumnya kamu harus pastikan bahwa ada file bernama microsoft-windows-netfx3-ondemand-package. Jika file itu sudah ada, maka dapat dilanjutkan acara instalnya.
  5. Lalu lanjutkan dengan mengetik:

“Dism.exe /online /enable-feature /featurename:NetFX3 /All/ Source:X\sources\sxs /LimitAccess” tanpa tanda petik. Setelah itu ganti huruf pada Source: “X” dengan drive letter tempat penyimpanan file ISO Windows 10. Jika sudah langsung tekan enter untuk melanjutkan tahapan berikutnya.

  1. Menunggu proses hingga instalasi selesai. Apabila sudah selesai terdapat tulisan loading bar 100%, artinya instalasi NET Framework 3.5 telah selesai dengan sempurna.

Tidak terlalu sulit dan mudah untuk dilakukan siapa saja. Jika kamu masih ragu adanya aktifasi atau instal dengan cara di atas, bisa melakukan pengecekan. Apakah aplikasi ini sudah aktif atau belum dan berhasil dengan sukses.

 

Setelah Dilakukan Instal di Windows 10 Lakukan Pengecekan

Kamu dapat melakukan pengecekan instalasi sebelumnya kamu bisa cek di folder tertetu. Folder dilihat bagian C:\Windows\Microsoft.NET\Framework. Bisa juga menjalankan run di dialog Windows pada menu awal.

Ada lagi cara lain untuk pengecekan NET Framework ini, yaitu:

  • Masuk ke Control Panel dan kamu bisa pilih Programs.
  • Jika sudah ketemu, cari tulisan Turn Windows features on or off.
  • Jika sudah membuka maka akan terlihat keterangan NET Framework ini sudah diaktifkan atau belum.

Mudah dan tidak ribet ternyata untuk mengecek aktif atau tidaknya. Kamu juga dapat melakukan cek bersama aplikasi tertentu, yang dimaksud adalah Asoft .Net Version Detector.

Pada aplikasi ini akan terpampang juga versi update dari Windows yang telah terpaang di laptop dan komputer. Cara penggunaannya mudah hanya dengan klik refresh akan diketahui versi NET Framework di sana.

 

Keuntungan NET Framework 3.5

Banyak keuntungan pengguna didapatkan dengan adanya NET Framework. Apa saja keuntungannya, bisa kamu lihat seperti di bawah ini.

Hemat

Hemat menjadi hal utama bagi para pengguna karena tidak semua perangkat digunakan secara berbayar. Menggunakan Net Framework para pengembang dapat menggunakannya sesuai kebutuhan secara cuma-Cuma.

Proses pembuatannya juga sederhana dan cepat memudahkan para pengembang mengerjakan pekerjaannya dalam skala besar. Waktu yang dibutuhkan sedikit dan memaksimalkan pengembang dengan segala hal yang dibutuhkan.

Efisien

Pengembang membutuhkan waktu seefisien mungkin untuk segala projek pengembangan yang sedang dikerjakan. Menggunakan NET Framework 3.5 membuat pengembang lebih efisien dalam banyak hal.

Dari kerangka sistem kerja tersebut, maka pekerjaan akan lebih cepat selesai dibandingkan dengam menulis kode tertentu mulai dari awal. Penulisan kode yang dilakukan secara berulang tentulah akan memperlambat pekerjaan. Tak heran pengembang sangat tergantung pada NET Framework.

Aman

Terjaganya faktor keamanan menjadi hal utama bagi para pengembang yang bekerja dalam tim besar. Jika ada salah satu keamanan yang dapat menjadi celah, bisa langsung disiasati dan dapat dilakukan perbaikan dengan segera.

Keamanan menjadi salah satu hal penting karena menyangkut pekerjaan dan tim yang mengelolanya. Pembaharuan yang rutin dilakukan akan meminimalisir adanya gangguan keamanan yang mungkin terjadi.

Melihat banyak keunggulan ada pula kelemahan yang muncul diantaranya kode bahasa yang bersifat publik dengan batasan terntentu. Meskipun demikian kelemahan ini bisa tertutupi dengan adanya banyak manfaat yang diperoleh jika menggunakan NET Framework.

NET Framework 3.5 menjadi pilihan utama jika kamu memang mengembangakan banyak kode yang dibutuhkan dalam sebuah tim. Jika ingin melakukan secara maksimal, selalu update terbaru agar tidak ketinggalan informasi.

Game dan Aplikasi Keren Lainnya: