Cara Berbagi Wifi dari HP ke HP

Posted on

ReXdl.co.id – Tak bisa dipungkiri jika Wifi sekarang ini menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi masyarakat di era milenial. Ketiadaan jaringan internet atau wifi bisa membuat seseorang merasakan dunia seolah hampa. Karena tidak bisa terkoneksi dengan internet. Bicara soal wifi, Rexi mau kasih cara berbagi wifi dari HP ke HP nih.

Seperti yang kita tahu, jika HP bisa digunakan berbagi jaringan internet dengan fitur hotspot yang disediakan. Fitur ini bisa menghubungkan jaringan internet dari HP ke HP mau pun dari HP ke PC.

Meski sebenarnya cara menghubungkan wifi dari HP ke HP cukup mudah, namun sayang banyak orang yang belum tahu caranya. Termasuk Rexi dulu yang juga tidak tahu bagaimana caranya.

Nah, setelah mengetahui caranya tidak ada salahnya kan jika Rexi juga berbagi dengan sobat ReXlover yang Rexi sayangi. Berikut ini kami sudah sediakan ulasannya lengkap untuk sobat pelajari.

 

Cara Berbagi Wifi dari HP ke HP

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membagikan wifi dari HP ke HP tanpa harus menggunakan password. Dan pastinya hanya satu HP saja yang akan terkoneksi wifi dari HP kamu.

Selain itu cara ini juga bisa kamu gunakan ketika kamu tidak bisa terkoneksi dengan wifi dikarenakan beberapa sebab.

Seperti tidak mengetahui password atau kata sandi wifi, tidak bisa terkoneksi sebab usser yang sudah dibatasi. Dan masih banyak penyebab lainnya yang membuat kamu tidak bisa terhubung dengan wifi.

Namun kamu tidak perlu khawatir sebab cara ini akan work 100% bahkan meski wifi tidak bisa dibagikan.

Yang terpenting harus ada salah satu HP yang sudah terkoneksi dengan wifi ya. Langsung saja simak ulasan dan caranya di bawah ini.

Menggunakan Bluetooth

Biasanya banyak orang akan cenderung lebih memilih untuk menggunakan aplikasi sharing lainnya. Misalnya Share It atau Mi Drop dan lain sebagainya. Meski begitu Bluetooth hingga kini masih dipertahankan dan menjadi bagian dari sebuah smartphone.

Sebab fitur ini rupanya tidak hanya digunakan untuk berbagi file saja, namun juga digunakan untuk berbagi wifi dari satu HP ke HP yang lain.

Cara ini sendiri bisa digunakan untuk menggantikan fungsi dari hotspot loh. Karena Hotspot sendiri dapat diaktifkan ketika wifi juga sama sama dalam keadaan menyala.

Game & App Pilihan :  Cara Membuat Bingkai di Word

Berikut ini adalah caranya :

  1. Hubungkan wifi pada HP yang pertama, jangan lupa untuk memeriksa sambungan internetnya apakah sudah terkoneksi dengan sempurnah atau belum.
  2. Jika sudah kamu bisa membuta Setting HP melalui menu notifikasi yang ada di atas atau disebut dengan pabel status bar untuk lebih memudahkan.
  3. Masuk pada menu Bluetooth dan langsung saja aktifkan ya!
  4. Nah, sekarang buka HP yang kedua nih, lalu masuk juga ke menu Setting untuk mengaktifkan Bluetooth. Kira-kira caranya sama dengan cara sebelumnya.
  5. Jika Bluetooth sudah sama-sama aktif, langsung saja hubungkan keduanya.
  6. Jangan lupa untuk mengkonfirmasi penyambungan Bluetoothnya ya. Terutama jika terdapat kode verifikasinya.
  7. Jika Bluetooth sudah sama-sama tersambung maka kamu bisa letakkan HP pertama lalu kita fokus ke HP kedua.
  8. Buka Menu Setting untuk kemudian menuju ke opsi Hotspot Portabel. Dan aktifkan Hotspot theteringnya.
  9. Tunggu hingga proses tethering Bluetooth selesai dan kamu pun bisa memeriksa koneksi internetnya apakah sudah terhubung juga.

Lalukan pengecekan dengan membuka Youtube dan melihat apakah koneksi internetnya sudah berhasil berjalan atau tidak. Jika sudah berhasil maka kamu pun bisa menggunakan jaringan internet dari wifi HP yang pertama.

 

Menggunakan Kode QR

Cara lain yang tidak kalah mudah adalah dengan menggunakan kode QR. Kode ini sendiri difungsikan untuk menyimpan data di dalam smartphone dengan bentuk random. Data ini pun hanya bisa dideteksi dengan bantuan perangkat tertentu saja ya.

Tapi jangan khawatir, banyak smartphone keluaran terbaru yang sudah menggunakan fitur ini. Jadi pastinya kamu pun juga bisa membagikan koneksi wifi dengan bantuan fitur ini.

Penasaran kan, bagaimana caranya? Yuk intip di bawah ini!

  1. Jika HP pertama sudah tersambung dengan koneksi wifi. Kamu bisa langsung membuka kode QR nya ya!
  2. Lanjut dengan membuka HP yang kedua. Di HP ini kamu harus memiliki aplikasi WIFI QR Connect. Jika belum punya unduh dulu di Google Play Store lalu install aplikasinya.
  3. Jika kamu sudah menginstall atau memiliki aplikasi WIFI QR Connect kamu bisa langsung buka aplikasinya. Dan kamu akan langsung melihat tampilan kamera yang akan kamu gunakan untuk menscane kode QR.
  4. Langsung arahkan kameranya pada kode QR yang ada di HP yang pertama.
  5. Tunggu hingga proses scanning selesai dan berhasil menyambungkan HP pertama dengan HP kedua. Jika sudah tersambung maka wifi pun akan secara otomatis terbagi juga dari HP pertama ke HP kedua.

 

Kelebihan Berbagi WiFi dari HP Ke HP

Mungkin cara membagikan wifi dari HP ke HP tidak begitu banyak dipikirkan oleh pengguna smartphone android. Namun sebenarnya ada banyak kelebihan yang bisa kamu dapatkan dari cara ini.

Game & App Pilihan :  Cara Aktivasi Microsoft office 2019 ( Tampilan Genuin Produck Key )

Apa saja kelebihannya? Rexi punya rangkumannya di bawah ini :

Proses Penyambungan yang Lebih Cepat

Kelebihan pertama dari cara ini adalah proses penyambungan yang lebih cepat. Sebab prose scanning akan berjalan secara otomatis jadi akan lebih cepat proses penyambungannya.

Dapat Membagikan Wifi yang Tidak Dapat Dibagikan

Tidak semua wifi bisa dibagikan dengan mudah, misalnya saja Wifi ID yang membutuhkan usser dan biasanya sangat dibatasi. Nah, cara ini bisa menjadi alternatif untuk tetap dapat terkoneksi dengan wifi meskipun wifi tidak bisa dibagikan. Enak bukan?

No Ribet

Sadar tidak jika kedua cara di atas sangat mudah untuk dilakukan dan bahkan tidak ribet sama sekali. Selain cepat cara penyambungannya pun cukup mudah. Jadi tidak membuat waktu dan tenaga berlebih juga.

Dapat Diaplikasikan pada Semua HP

Biasanya paling kesal jika ada tips yang hanya bisa digunakan hanya pada HP tertentu saja, atau HP keluaran paling baru. Tapi jangan sedih, sebab cara ini bisa kamu pratikkan pada semua jenis HP loh.

Jika HP kamu tidak mendukung kode QR maka kamu bisa menggunakan Bluetooth. Jadi HP apa saja bisa menggunakan cara di atas.

 

Penutup

Sebenarnya masih banyak kelebihan yang bisa kamu dapatkan dari cara di atas. Namun dari kelebihan yang sudah Rexi jabarkan barusan, pastinya sudah membuat kamu percaya dan yakin untuk mencoba cara ini kan.

Apalagi wifi merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting di era milenial saat ini. Jadi bisa terhubung dengan wifi kapanpun dan dimanapun tanpa batasan akan sangat menyenangkan.

Demikian pembahasan kali ini mengenai cara berbagi wifi dari HP ke HP yang pastinya sangat mudah untuk dicoba oleh sobat ReXdl.co.id. Jumpa lagi nanti dengan Rexi ya, Wassalam…

 

Game dan Aplikasi Populer Lainnya :