Cara Membuat Kop Surat [Tutorial Lengkap, Mudah, Disertai Gambar]

Posted on

Cara Membuat Kop Surat

ReXdl.co.id – Assalamualaikum sobat ReXlover, kali ini ReXi hadir bukan untuk membagikan game dan aplikasi keren. Namun kali ini ReXi akan memberikan cara membuat kop surat dengan mudah karena akan ada turorial beserta gambar.

Cara Membuat Berbagai Kop Surat Resmi di Microsoft Word sebenarnya sudah sering sekali diangkat tutorialnya. Dan bahkan sobat ReXlover dapat menemukan tutorial dan cara pembuatannya dengan sangat mudah di berbagai platform internet dan website.

Tapi pada kesempatan kali ini ReXi akan mencoba mengangkat permasalahan ini, sebab percaya atau tidak. Ada banyak tutorial di luar sana yang hanya memberikan teori saja. Namun tidak dilengkapi dengan step by step nya secara jelas dan disertai gambar.

Untuk itu, kali ini ReXi akan merangkum tutorial lengkapnya, bagaimana cara membuat kop surat disertai dengan gambar. Dan juga contoh beberapa kop surat resmi yang ada dan bisa dijadikan sebagai refrensi.

 

Fungsi Kop Surat

Penggunaan Kop surat barangkali bukanlah hal yang aneh di sekitar kita, terutama bagi sobat yang bekerja dan berkecimpung di sebuah lembaga mau pun perusahaan. Fungsi dari Kop surat ini sendiri tak lain dan tidak bukan adalah sebagai perwakilan identitas dari sebuah lembaga mau pun perusahaan yang ada.

Kop surat memiliki keterkaitan dengan komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan media surat mau pun pembuatan sebuah dokumen penting.

Maka dari itu, penggunaan kop surat haruslah disertai dengan identitas dari sebuah lembaga atau perusahaan yang bersangkutan. Misalnya seperti alamat, nomor telepon, alamat email, nama perusahaan dan lembaga hingga logo yang digunakan. Tak jarang di dalam kop surat juga dilampirkan motto hingga visi dan misi dari lembaga atau perusahaan tersebut.

Sebelum kemunculan perangkat komputer beserta dengan aplikasi word processor seperti sekarang ini. Orang-orang zaman dulu membuat kop surat lewat sebuah percetakan dan dibuat dalam jumlah banyak bagi lembaga mau pun perusahaan.

Setelah itu mereka bisa menggunakan kop surat tersebut ketika dibutuhkan, baik ditulis dengan menggunakan tangan. Atau menggunakan mesin tik, sebab zaman dulu penggunaan perangkat PC atau Laptop masih jarang. Meski pun untuk sebuah lembaga dan perusahaan.

Namun setelah teknologi komputer menjadi salah satu teknologi yang cukup lumrah dan biasa digunakan oleh semua orang. Terutama mereka yang bekerja di sebuah perusahaan mau pun sebuah lembaga.

Maka kini, semua orang bisa membuat kop surat menggunakan aplikasi Microsoft Word. Kemudian bisa mencetak atau print hasilnya dan bisa digunakan pada saat dibutuhkan.

Hal ini pastilah lebih praktis dibanding zaman dulu, apalagi kini sobat bisa membuatnya sendiri. Tidak perlu mencari dan menyewa jasa percetakan hanya untuk membuat kop surat.

Game & App Pilihan :  Nonton Film Crash Landing On You – Eps Terlengkap Sub Indo

Lalu bagaimana cara membuatnya? Langsung saja scroll di bawah ini, cara dan tutorial lengkapnya :

 

Cara Membuat Kop Surat dengan Tutorial Lengkap

Seperti yang sobat ketahui, bahwa ada banyak sekali versi Microsoft Word yang dapat sobat gunakan. Akan tetapi sobat tidak perlu khawatir sebab cara dan proses pembuatannya tidak terlalu berbeda. Sehingga tutorial di bawah ini, bisa sobat ikuti dengan menggunakan versi Microsoft Word apa saja ya.

Namun kali ini, ReXi akan menggunakan Microsoft Word 2007 untuk membuat kop surat. Berikut langkah-langkahnya :

1). Langkah pertama tentulah dengan membuka aplikasi Microsoft Word di perangkat sobat.

2). Lalu aturlah margin dokumen beserta dengan jenis ukuran kertas yang hendak digunakan. Kali ini ReXi akan menggunakan margin dokumen left: 3, right:2,5, top: 2,5, bottom:2,5. Sedangkan ukuran kertasnya akan menggunakan ukuran Legal.

3). Selanjutnya aktifkan fungsi header caranya adalah dengan melakukan klik dua kali di bagian atas dokumen. Lalu berikan centang Different First Page, hal ini dilakukan agar Kop surat hanya terlihat di halanan pertama saja ya.

4). Pada bagian ini, sobat bisa menuliskan profil perusahaan, lembaga mau pun instansi milik sobat. Coba lihat contohnya di bawah ini, jangan lupa untuk mengatur posisi teks agar berada di tengah. Caranya tentu saja dengan menggunakan aligne center.

5). Lalu masukkan Logo Instansi di sebelah teks profil instansi. Caranya adalah dengan langkah berikut ini :

Menu Insert – Pilih Picture dan cari lokasi penyimpanan logo perusahaan atau Lembaga sobat, klik gambarnya. Dan jika gambar logo sudah terlihat maka sobat bisa mengatur posisinya dengan cara klik kanan pada gambar, lalu pilihlah Text Wrapping, lalu pilih opsi In Front of Text.

6). Selanjutnya kop surat pastinya menggunakan border atau garis kan di bawah teks dan logonya. Nah, untuk memberikan garis atau border ini cukup dengan meletakkan kursor pada bagian bawal tools dan logo.

Lalu home dan klik icon Border & Shading, kemudian klik border dan pilihlah jenis border yang ada pada style. Pada bagian previer sobat bisa klik border kiri, kanan hingga di bagian bawah guna menghilangkan border yang tidak sobat butuhkan.

Lanjutkan dengan klik Ok dan border atau garis pun sudah tampil di bagian bawah teks.

7). Lihat hasil kop surat buatan ReXi di bawah ini :

 

Itulah tadi pembuatan kop surat dengan menggunakan Microsoft Office Word versi 2007. Nah, untuk cara membuatan kop surat menggunakan versi word 2010, 2013, 2016 dan word terbaru. Caranya tidak terlalu berbeda kok, tinggal disesuaikan saja.

Game & App Pilihan :  Hardisk Eksternal Tidak Terbaca

 

Contoh Kop Surat

Pembuatan Kop surat sendiri tidak hanya harus dibuat sesuai dengan perusahaan, lenbaga atau instansi yang bersangkutan. Namun juga harus dibuat dengan bentuk dan tampilan yang rapi.

Untuk membuat kop surat pun, dibutuhkan beberapa refrensi, dan berikut ini adalah beberapa contoh kop surat yang bisa dijadikan sebagai refrensi oleh sobat :

 

 

Contoh-contoh di atas, ReXi ambil dari internet, nah bagi sobat yang merasa contoh di atas masih kurang sebagai refrensi. Sobat pun bisa mencari contoh contohnya di internet loh. Karena ada banyak kok, contoh kop surat baik bagi perusahaan, lembaga mau pun instansi.

 

Akhir Kata

Nah, sudah tahu kan bagaimana cara pembuatan sebuah kop surat baik bagi sebuah perusahaan mau pun instansi dan lembaga. Dalam pembuatannya, sobat tidak hanya memikirkan kerapihan saja. Namun bagaimana cara membuat kop surat yang sesuai dengan perusahaan, lembaga dan instansi yang diwakili.

Seperti yang sudah ReXi katakana di atas, bahwa fungsi kop surat adalah sebagai perwakilan dari lembaga, perusahaan mau pun instansi. Jadi ketika seseorang mendapatkan surat dari sobat.

Sebelum membaca isinya, hanya dengan melihat bagian kop surat maka akan langsung tahu, dari mana asal surat tersebut. Itulah fungsi utama dari kop surat.

Semoga cara membuat kop surat yang ReXi bagikan di atas bermanfaat, sampai jumpa dan ketemu lagi dengan berbagai macam info info keren seputar teknologi. Mulai dari game, aplilasi hingga tutorial bermanfaat seperti ini hanya di ReXdl.co.id. Wassalam….

Game dan Aplikasi Keren Lainnya :