Cara mengganti Password WiFi

Posted on

  Cara mengganti Password WiFi

WiFi kerap menjadi sarana penting bagi setiap orang, terlebih dizaman penuh teknologi seperti sekarang. Nah, di sini kamu akan diberi tahu bagaimana cara mengganti password WiFi. Tentunya untuk menghindari oknum yang sering menggunakan jaringan WiFi pribadi kamu seenaknya.

Biasanya, kalau kamu sudah memberi tahukan kata sandi WiFi, maka oknum itu akan dengan mudah mengaksesnya. Tanpa harus menanyakan kata sandinya lagi.

 

Apa itu WiFi?

WiFi adalah sebuah fitur atau teknologi kekinian yang mulai ada sejak tahun 1998 tepatnya di bulan September. WiFi adalah cara untuk saling bertukar kuota data yang memanfaatkan jaringan perkomputeran dan tanpa kabel.

Adanya WiFi, diharapkan agar para pengguna jaringan gadget tidak kesulitan dalam mencari sinyal. Karena biasanya, tempat untuk memasang WiFi ini sudah pada tempat dengan kinerja jaringan yang bagus.

Jaringan WiFi ini bisa digunakan pada ponsel, komputel, laptop, dan alat permainan konsol. Hal ini membuat jaringan WiFi sudah menjadi kebutuhan golongan pokok dalam kehidupan manusia. Baik tentang persekolahan maupun perkantoran.

Cara kerja dari jaringan WiFi sendiri tidaklah merepotkan, kamu cukup menghubungkan ponsel kamu dengan kata sandi pada WiFi itu. Nah, bicara tentang kata sandi atau password, kamu pastinya pernah mengalami pembobolan WiFi.

Pembobolan WiFi biasanya terjadi karena adanya oknum yang dengan seenaknya menggunakan jaringan WiFi pribadi. Umumnya, oknum seperti ini sudah pernah diberi tahu tentang password WiFi kamu sebelumnya.

Maka dari itu, kamu juga harus tau bagaimana cara mengganti password WiFi yang sudah dibobol. Dengan tips ini, kamu akan kembali menikmati jaringan WiFi seperti semula.

 

Kiat-kiat Mengganti Password WiFi

Umumnya, beberapa orang akan mengganti kata sandi karena sudah terlalu lama, atau juga merasa sudah tidak aman. Kamu juga harus tahu bahwasannya, menggganti password WiFi itu harus rutin loh.

Berikut adalah beberapa cara mengganti password WiFi untuk mengamankan jaringan kamu. Simak selengkapnya di bawah, yaitu:

Mengganti Password WiFi dengan Akses di Komputer

  1. Pertama-tama, kamu hubungkan dahulu komputer dengan jaringan WiFi yang passwordnya akan dirubah.
  2. Buka akses ke aplikasi Browser dan ketik angka “192.168.1.1” di laman pencariannya.
  3. Setelah kamu cari, maka akan muncul tempat kamu harus mengisi username dan password WiFi yang sebelumya.
  4. Jika saja ini adalah percobaan pertama kamu mengganti password, maka isilah kolom username dan password itu dengan tulisan “Admin”.
  5. Jika sudah selesai, maka kamu akan langsung dihubungkan ke sebuah laman, pilih ikon “Network”.
  6. Lanjut dengan opsi “WLAN” lalu “Security”.
  7. Masukkanlah password baru yang kamu inginkan ke kolom yang sudah tersedia.
  8. Akan ada tombol “Submit”.
  9. Tekanlah jika kamu sudah yakin dengan passwod yang kamu karang tadi.
Game & App Pilihan :  Cara Mengunci Galeri di HP Tanpa Aplikasi + dengan Aplikasi for Android

Mengganti Password WiFi dengan Akses di Ponsel

Sebenarnya, langkah mengganti password di ponsel degan komputer tidak akan berbeda, sama saja keduanya. Hanya saja layar yang ditampilkan di ponsel jauh lebih kecil. Berikut cara-caranya:

  1. Hubungkan ponsel ke jaringan WiFi yang akan diubah passwordnya.
  2. Bukalah Browser lalu ketikkan “192.168.1.1” di kolom pencarian yang tersedia.
  3. Kamu akan langsung diarahkan ke laman yang sudah tersedia tempat untuk mengisi username dan password WiFi di sana.
  4. Kamu bisa memasukkan kode “Admin” di kolom itu jika saja ini adalah kali pertama kamu mengganti kata sandi.
  5. Kemudian pilih menu “Network” untuk langkah selanjutnya.
  6. Lalu tekan opsi “WLAN” dan “Security”.
  7. Isilah kolom dengan kata sandi baru yang sudha kamu siapkan, pastikan kamu menggunakan kata sandi unik yang kuat.
  8. Akan ada tombol “Submit” jika kamu sudah menyelesaikan kata sandi.
  9. Tekanlah kalau password benar-benar sudah matang.
  10. Selesai, maka akses kata sandi WiFi kamu sudah diganti dengan yang baru.

 

Bagaimana Cara Membuat Password WiFi yang Unik?

Bukan cuma tentang mengganti password saja, kamu juga harus pandai dalam memilih dan membuat kata sandi. Kata sandi yang kamu buat haruslah tergolong kata sandi unik. Lalu, apa saja kira-kira ciri yang harus dimiliki kata sandi agar tergolong unik? Berikut selengkapnya:

Password Ideal dengan 10-15 Digit

Laman WiFi akan membiarkan kamu untuk membuat password sebanyak 8-63 digit. Tetapi, kata sandi yang ideal akan sangat bagus jika terdiri dari 10-15 digit saja.

Jika terlalu pendek akan mudah diakses orang luar. Jika terlalu panjang hanya akan merepotkan diri sendiri jika saja akan ada masa untuk konfirmasi kata sandi.

Campuran Huruf dan Angka

Jika kamu berusaha membuat password atau kata sandi yang unik lagi kuat, maka cobalah dengan mengkombinasikan angka dengan huruf. Kamu bisa mencampur huruf dengan angka sesuai keinginan. Sebagai contoh misalnya “Katasandi123”.

Menggunakan Tanda Tertentu

Kalau kamu sudah menerapkan kombinasi angka dan huruf, maka kamu masih bisa menambahkan tanda tertentu atau kode khusus.

Game & App Pilihan :  Cara Mengecilkan Size Foto

Tanda atau kode yang dimaksud di sini adalah tanda titik (.), lalu tanda strip (-), tanda strip bawah (_). Juga yang lain sebagainya. Kamu bisa mengkombinasikannya dengan angka dan huruf tadi. Misalnya “Katasandi123_”.

Mengganti Kata Sandi Secara Rutin

Untuk mencegah pembobolan WiFi yang sering meresahkan penggunanya, kamu dianjurkan untuk mengganti kata sandi secara rutin yaitu sebulan sekali. Gantilah selalu dengan membuat password unik seperti di atas.

Tapi ingat, cukup ganti password sekitar satu bulan sekali saja. Jangan berlebihan yang malah menyebabkan akses menjadi lambat.

 

Apa Alasan untuk Mengganti Password WiFi?

Kamu juga harus memepelajari mengapa sebaiknya kamu mnegganti password. Karena seperti yang sudah diperingatkan, bahwasannya menggati password tidak bisa terlalu seing juga. Berikut beberapa alasan untuk kamu pertimbangkan agar menerapkan cara mengganti password WiFi:

Pemasangan Pertama

Kalau saja kamu memasang WiFi baru untuk pertama kali, maka pengaturan di jaringan kamu masih otomatis. Itu artinya kata sandi yang diterapkan pun masih kata sandi bawaan. Tentu saja password seperti itu akan rentan terhadap pembobolan.

Maka dari itu, kamu dianjurkan untuk menggantikan kata sandi yang sudah teratur. Pastikan untuk menggantinya dengan kata sandi yang sudah kamu susun dengan baik.

Agar Koneksi Tetap Aman

Tahukah kamu dampak paling besar ketika akses jaringan WiFi sudah terbobol? Ya, hal itu adalah kecurian data yang tersambung ke jaringan WiFi tadi. Baik dari ponsel ataupun komputer kamu.

Tak dapat dipungkiri, oknum yang pintar bisa saja ikut meretas file yang ada di gadget kamu dengan membobol jarigan WiFi. Maka dari itu, kamu dianjurkan untuk mengganti password secara rutin.

Menjaga Kestabilan Jaringan

Saat jaringan WiFi dipakai oleh oknum tidak bertanggung jawab, maka tentunya kestabilan koneksi akan terganggu. Jadi, agar kamu dengan aman bersosial media dengan jaringan mendukung, maka solusi tepatnya hanyalah mengamankan kata sandi WiFi.

 

Jadi, apakah kamu sudah mempertimbangkan untuk menerapkan cara mengganti password WiFi ini? Bukan hanya untuk menstabilkan koneksi, tapi juga mengamankan data pribadi yang ada dalam akses jaringan.

 

Game dan Aplikasi Keren Lainnya :

Cara Menggunakan Kuota Belajar

Download Aplikasi Kwitansi Gratis

Cara Membuat Suara Google