Jalur Kabel Temperatur Mobil

Jalur Kabel Temperatur Mobil Pahami dengan Baik

Rexdl.co.id, Kabel temperatur mobil sangat penting sekali keberadaannya dalam sebuah mobil. Sobat perlu paham betul jalur kabel temperatur mobil dengan baik agar tidak terjadi masalah yang tidak diinginkan kedepannya.

Hal ini perlu sobat pertimbangkan karena temperatur mobil ini salh satu bagian penting yang perlu diperhatikan secara berkala agar mobil yang kita miliki tidak mengalami kerusakan dan bisa awet lebih lama.

Apabila jalur kabel temperatur mobil memiliki masalah atau tidak berfungsi lagi, maka ada hal-hal tertentu yang perlu sobat lakukan supaya mobil yang sobat miliki tetap baik-baik saja.

Berikut Cara Atasi Jalur Kabel Temperatur Mobil yang Tidak Berfungsi

Temperatur mobil ini kadang kala ada masanya atau waktunya mengalami masalah. Terkadang temperatur mobil ini akan eror atau bahkan tidak berfungsi dengan baik.

Apakah sobat pernah mengalaminya? Jika sobat pernah mengalaminya, tentu hal ini tidaklah membuat hati senang melainkan membuat kita menjadi panik dan takut apalagi ketika kita sedang mengendarai mobil.

Jika hal ini sudah terjadi, maka kita perlu melakukan perbaikan pada jalur kabel temperatur mobil secara keseluruhan mulai dari perbaikan dari komponen switch panas kabel sampai pada perbaikan amper panasnya.

Berikut tindakan yang perlu dilakukan jika ciri-ciri dari jalur kabel temperatur mobil mulai rusak.

1. Tindakan yang perlu dilakukan apabila switch panas pada jalur kabel temperatur mobil rusak

Sebelum melakukan tindakan perbaikan switch yang rusak, sobat perlu tahu dulu dimana posisi dari switch panas ini. Switch panas ini pada umumnya berada di bagian outlet dari pipa-pipa air yang ada di selang radiator.

Biasanya switch panas ini menempel pada head cylinder atau ada juga menempel pada bagian tutup thermostat mobil.

Masalah yang sering terjadi pada switch panas mobil ini kerap kali terjadi pada bagian amper temperatur panas. Amper ini tidak mampu menunjukkan batas normal suhu sehingga menyebabkan switch panas mati.

Yang perlu sobat lakukan adalah sobat cukup menggantinya dengan yang baru. Namun, jika sobat bisa menggunakan yang lama maka sobat perlu membersihkannya terlebih dahulu khususnya bagian kepala switch panasnya.

Membersihkan switch panas ini bisa menggunakan amplas saja lho. Apabila sudah dibersihkan tidak juga bisa berfungsi maka sobat perlu menggantinya dengan yang baru.

2. Tindakan yang perlu dilakukan apabila kabel dari switch panas ke ampere putus

Jika kabel penghubung switch panas ke ampere putus, maka ini akan menyebabkan temperatur mobil mati total.

Biasanya kabel ini akan lepas atau putus dari soket switch panas sampai pada amper temperaturnya.

Cara mengatasinya adalah dengan memperbaiki sambungan kabel yang putus dari switch pemanas ke amper pemanas.

3. Tindakan yang perlu dilakukan apabila panel dari amper temperatur yang rusak

Panel amper temperatur ini sangat dikenal sekali sebagai salah satu komponen yang jarang sekali mengalami kerusakan dikarenakan lamanya pemakaian sebuah mobil.

Meskipun begitu, sobat perlu juga waspada karena akan ada masalah diluar dugaan sehingga menyebabkan panel amper ini rusak. Hal ini bisa terjadi ketika melakukan pencucian mobil.

Selain itu, uap ac pada mobil juga bisa menjadi penyebabnya lho. Apabila kumparan ampernya mulai kendor ataupun renggang maka sobat perlu solder bagian tersebut..

Jika usaha itu telah dilakukan namun tidak berhasil maka sobat harus menggantinya dengan ampere yang baru.

4. Tindakan yang perlu dilakukan apabila arus yang berasal dari kunci kontak 12v hilang

Jika arusnya hilang maka kunci untuk mengaktifkan amper temperatur juga hilang dan hal ini biasanya terjadi dikarenakan soket kabel yang mengalami korosi.

Selain korosi, penyebab lainnya juga bisa disebabkan karena kabel yang putus pada bagian ujung soket amper temperatur dan juga bisa disebabkan hilangnya arus dari sekering.

Tindakan yang perlu dilakukan adalah perbaiki jalur kabel temperatur mobil secara keseluruhan dengan menggunakan tespen dc atau bisa juga sobat gunakan multi tester. Jika masalah di atas telah berhasil sobat atasi, maka sobat perlu juga berhati-hati dengan masalah yang tak terduga demi kenyamanan dalam mengendarai.

  1. Perhatikan switch temperatur mobil yang kita miliki karena switch yang memiliki kualitas buruk akan berdampak buruk pada mobil
  2. Kabel short sangat perlu diperhatikan jangan sampai terjepit ataupun terkelupas yang berdampak pada pengaktifan temperatur mobil
  3. Jangan sampai kabel putus dimakan tikus, perhatikan dengan baik sebelum bepergian.

Sebelum dan sesudah mengendarai perhatikan dengan baik setiap komponen kendaraan yang kita miliki. Hal ini bertujuan demi menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna kita sendiri dan orang lain.

Demikianlah informasi menarik kali ini mengenai jalur kabel temperatur mobil. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.