5+ Cara Atasi Kode MMI Tidak Valid 100% Berhasil

Posted on

Kode MMI Tidak Valid

ReXdl.co.id – Sobat ReXlover pernah mencoba melakukan panggilan ke operator atau Dial Up. Misalnya saja cek pulsa, kuota data dan lainnya. Namun menerima pemberitahuan berupa sebuah pesan kode MMI tidak valid? Kira-kira apa ya, penyebabnya?

Permasalahan ini pun bisa terjadi pada semua operator seluler yang ada di negeri ini. Baik Telkomsel, Xl, Indosat hingga Axis dan lainnya.

Penyebabnya sendiri sebenarnya beragam, tapi sebelum kamu tahu penyebabnya. Ada baiknya jika kamu lihat ulasan santai di bawah ini.

 

Apa itu kode MMI?

Man Machine Interface atau kamu lebih familiar dengan istilah MMI. MMI sendiri merupakan sebuah kode yang digunakan untuk memberikan perintah agar dapat mengakses fitur khusus yang ada pada telepon kita.

Kode ini dapat berupa kombinasi angka dan simbol khusus misalnya *123# yang biasa digunakan untuk memeriksa sisa pulsa.

Namun ada kalanya perintah ini tidak dapat berjalan dengan lancar dikarenakan beberapa hal. Alih-alih mendapatkan informasi atau perintah yang kamu inginkan. Kamu justru akan mendapatkan notifikasi Kode MMI tidak valid.

Lalu apa ya, penyebabnya? Scroll di bawah yuk!

 

Penyebab Kode MMI Tidak Valid

Notifikasi Kode MMI tidak valid biasanya muncul dikarenakan beberapa hal seperti :

  1. Terjadi kesalahan pada setting atau pengaturan yang ada pada perangkat android.
  2. Menumpuknya Junk Files di sistem penyimpanan internal perangkat.
  3. Adanya bug di sistem perangkat android kamu dan membuat perangkat menjadi eror.
  4. Tidak ada signal atau kualitas signal yang buruk dan tidak stabil.
  5. Kode USSD atau UMB yang dimasukkan salah.

 

Itulah beberapa faktor atau penyebab yang biasanya membuat kode MMI tidak valid. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Kami juga punya solusinya di bawah ini.

 

Kode MMI Tidak Valid? Berikut Ini Solusinya

Kode USSD atau UMB salah sehingga yang muncul adalah notifikasi Kode MMI tidak valid. Oleh sebab itu periksa ulang apakah kode tersebut masih berlaku atau berfungsi. Atau kamu salah dalam mengetik dan memasukkan kodenya.

Oleh sebab itu kamu harus melakukan panggilan Dial sekali lagi.

 

Restart Hp

Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan ini sebenarnya cukup sederhana kok. Lakukan saja restart pada perangkat android kamu. Dan coba kembali untuk melakukan Dial Up.

Biasanya hal ini diakibatkan oleh bug sementara di sistem operasi android kamu. Sehingga perangkat kamu membutuhkan penyegaran. Kamu bisa melakukan restart otomatis atau mematikan perangkat dan menghidupkannya kembali.

Game & App Pilihan :  Cara Unreg Kartu 3

 

Aktifkan Mode Pesawat

Alternatif lain yang lebih mudah dari restart perangkat adalah dengan mengaktifkan mode pesawat. Diamkan selama beberapa saat, paling tidak selama 30 detik. Lalu matikan kembali dan coba kamu lakukan Dial Up.

Cara ini bisa kamu lakukan jika sambungan internet mengalami masalah, sehingga untuk memperbaikinya kamu bisa memanfaatkan fitur ini.

 

Bersihkan Junk Files

Jika kode MMI masih tidak valid juga, kamu bisa menggunakan solusi berikutnya. Yakni dengan menghapus file sampah yang ada di perangkat kamu. Tahu tidak jika file yang menumpuk pada penyimpanan internal bisa mengakibatkan kode MMI tidak valid saat kamu melakukan dial up.

Jika kamu belum tahu caranya, berikut ini adalah cara menghapus chace telepon di perangkat android :

  1. Masuk ke Menu Setting atau Pengaturan.
  2. Buka opsi Menu Manager Aplikasi.
  3. Cari aplikasi Telepon dan buka.
  4. Lansung saja Hapus Data pada opsi yang tersedia.
  5. Jika kamu mendapat notifikasi atau peringatan, klik OK saja untuk memulai proses penghapusan chace.
  6. Tunggu hingga selesai maka kamu bisa kembali mencoba melakukan Dial Up.

Meski terlihat sederhana, cara ini dinilai cukup ampuh loh. Coba saja!

 

Sisipkan Karakter Tambahan

Jika cara-cara di atas masih belum juga berhasil kamu bisa mencoba metode yang satu ini. Yakni dengan menggunakan bantuan karakter tambahan pada kode MMI.

Terdapat beberapa karakter tambahan yang bisa kamu sisipkan saat melakukan Dial Up. Berikut ini penjelasannya :

Tanda Plus (+)

Karakter tambahan pertama yang paling sering digunakan adalah tanda +. Kamu bisa mencoba untuk menyisipkan tanda ini pada kode USSD. Contohnya jika kamu ingin cek pulsa dengan *888#. Namun yang kamu dapat bukannya info mengenai sisa pulsa tapi justru notifikasi kode MMI tidak valid.

Maka kamu bisa sisipkan tanda ini dengan mengetik *+888#. FYI untuk memunculkan tanda + kamu bisa menekan angka 0 beberapa detik hingga muncul tanda +.

Tanda Koma (,)

Kamu juga bisa menggunakan tanda koma dan disisipkan pada akhir kode. Misalnya jika kamu ingin cek kuota data internet dengan menggunakan Dial *123#. Tapi tidak berhasil karena muncul notifikasi Kode MMI tidak valid maka kamu bisa menyelipkan tanda koma pada kodenya. Contohnya

Lain halnya dengan tanda koma, Kamu juga bisa menyisipkannya diakhir kode USSD tersebut. *123,#.

Sementara itu untuk memunculkan tanda koma (,) ini kamu bisa menekan tombol * selama beberapa detik hingga tandanya muncul.

 

Beralih ke Jaringan 3G

Jaringan 4G biasanya membuat kode MMI tidak valid sebab jaringan ini masih memiliki kekurangan. Yang mana jaringan 4G kurang mendukung jika digunakan untuk melakukan panggilan telepon atau mengirim pesan. Termasuk saat melakukan Dial Up.

Game & App Pilihan :  When The Weather Is Fine

Meskipun jika digunakan untuk mengakses internet jaringan 4G lebih cepat dan stabil dibanding dengan jaringan 3G.

Tapi jika kamu mengalami permasalahan saat melakukan Dial Up maka kamu bisa mengubah jaringan ke 3G untuk sementara waktu dengan cara seperti di bawah ini :

  1. Masuk pada Menu Setting.
  2. Pilih Jaringan Seluler.
  3. Ubah jaringan dari 4G ke 3G atau bisa juga ke 2G, tapi saya sarankan ke 3G saja ya.
  4. Simpan perubahannya dengan klik Ya.
  5. Lalu coba lakukan Dial Up sekali lagi.

Cara ini bisa kamu gunakan pada perangkat android tipe lama. Sementara untuk android tipe baru atau keluaran terbaru kini sudah mendukung fitur Voice Over LTE (VoLTE) yang mana bisa kamu aktifkan terlebih dahulu. Untuk menyelesaikan permasalahan ini.

 

Penutup

Beberapa cara mengatasi kode MMI yang tidak valid di atas biasanya dikarenakan adanya masalah pada sistem bug. Atau pun terjadi kerusakan pada sistem operasi smartphone. Sehingga kamu bisa melakukan beberapa cara di atas untuk menyelesaikan permasalahan ini.

Akan tetapi apabila penyebabnya berasal dari faktor luar. Misalnya terjadi karena cuaca yang sedang buruk sehingga membuat jaringan tidak stabil atau melemah. Tidak ada cara lain yang bisa kamu lakukan selain menunggu hingga situasi kembali membalik.

Karena jaringan seluler sangat bergantung pada cuaca atau bahkan lokasi tempat kamu berada. Tidak semua jaringan seluler sudah tersedia hingga ke pelosok Indonesia. Terdapat beberapa jaringan seluler yang masih terbatas ketersediannya. Sehingga signal tidak tersedia di beberapa lokasi atau daerah tertentu.

Jadi sekarang sudah tahu kan, apa saja penyebab kode MMI tidak valid beserta dengan solusi ala ReXdl.co.id yang sudah Rexi rangkum untuk sobat. Sampai jumpa di ulasan menarik lainnya, Wassalam….

 

Game dan Aplikasi Populer Lainnya :