Modifikasi Mobil Futura Minibus

Modifikasi Mobil Futura Minibus, Berikut Tips dan Langkahnya…

Rexdl.co.id, Modifikasi mobil futura minibus-Mobil Futura minibus merupakan mobil yang berasal dari merek Suzuki, Suzuki Carry Futura pertama kali diproduksi pada tahun 1991, mobil ini berbagi platform dengan Mitsubishi T120 SS.

Kalau sekarang mirip – mirip seperti Xenia dan Avanza, namun kala itu Suzuki Memberi nama produknya Suzuki Futura, sedangkan Mitsubishi memberi nama Colt T120SS, meskipun bentuknya sama, namun mesin yang digunakan berbeda.

Pada awal kemunculannya Suzuki Futura menggunakan mesin bensin G13C , mesin ini merupakan mesin baru bagi Suzuki pada saat itu, mesin G13C mempunyai konfigurasi 4 silinder inline 8 valve, berkapasitas 1326 cc.

Dengan konfigurasi Bore x Stroke : 75.0 x 77.0 mm bisa dibilang mesin ini bertipe overstroke, sementara untuk sektor pengabutan bbm masih mengandalkan karburator.

Tenaga maksimal yang mampu dihasilkan mesin ini adalah 73 ps @6000 rpm, sedangkan torsi maksimalnya 100 nm @3500 rpm, baik tenaga maupun torsi naik cukup signifikan dibanding mesin F10A milik Suzuki Carry. Tenaga dari mesin kemudian disalurkan via transmisi manual 5 speed ke roda belakang.

Mobil Futura Minibus generasi awal memiliki beberapa varian yaitu :

  1. Type SRV  (Standard Real Van ) ,  SRV merupakan varian terendah Futura, tidak ada AC, tidak ada radio tape dan menggunakan velg kaleng.
  2. Type DRV (Deluxe Real Van) sudah ada radio tape, AC single blower yang ada di dashboard, dan menggunakan velg racing palang 3/velg kaleng + dop,  jok baris 3 hadapan.
  3. Suzuki Carry GRV (Grand Real Van) varian tertinggi  bermesin 1500cc dengan fitur terlengkap seperti: radio tape,central lock, AC double blower ,menggunakan velg racing palang 5, jok baris ke 3 menghadap ke depan.

Mulai tahun 2000an varian SRV dihilangkan, dan Carry Futura hanya memiliki 2 tipe, yaitu tipe GX dan DX.

Futura  Real Van GX,  memiliki fitur air conditioning, side body moulding, radio tape, ABS door trim, rear foot step, electrical door lock dan high mount brake lamp.

Sedangkan Tipe DX  hanya mendapat fitur High mount brake lamp, rear foot step, dan Central Door Lock.

Seiring dengan kebijakan baru pemerintah tentang standar emisi, Futura kemudian di upgrade mesinnya dengan perangkat injeksi, mesin injeksi yang digunakan adalah G15A, dengan konfigurasi  4 silinder berkapasitas 1492 cc, SOHC 16 valve, multi point injection, yang mampu memberikan tenaga maksimal 78.8 PS/5.500 rpm dan torsi maksimal 122 Nm/3.000 rpm, mesin ini juga digunakan oleh Suzuki APV .

Selain diproduksi oleh Indomobil, Suzuki Carry Futura juga di karoseri oleh Adiputro Malang, Futura hasil Karoseri Adiputro kemudian diberi nama Suzuki Aventura, ciri khas karoseri Adiputro adalah bodynya yang lebih membulat, yang disebut oleh adiputro sebagai “Dynamic Rounded Body” . 

Dari sedikit sejarah dari Mobil Suzuki futura ini, jika kalian yang memiliki mobil ini dan ingin  modifikasi Mobil Futura Minibus ini kalian bisa lihat beberapa contoh modifikasi Mobil Futura Minibus di bawah ini.

Ide dalam Modifikasi Mobil Futura Minibus

Kalian bisa memodifikasi warna Mobil Futura Minibus, seperti gambar di bawah ini

Agar terlihat modifikasi Mobil Futura Minibus ini kece langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah mendandani mobil ini dengan mengganti cat nya, gantilah cat Mobil Futura Minibus dengan warna yang terang dan kece.

Memasang Cutting Sticker yang keren

Memberi merek custom pada mobil menjadi mobil Mobil Futura Minibus terlihat lebih keren.

Kalian bisa mengganti Velg Mobil Futura Minibus dengan yang bervariasi

Pertama-tama pahami PCD (Pitch Circle Diameter) velg Suzuki Futura. PCD merupakan jumlah lubang dan jarak antara lubang baut pada velg. Untuk Futura, mobil ini memiliki 4 lubang baut velg dan jarak antar lubang 114,3 mm, jadi PCD velg mobil tersebut adalah 4×114,3.

Sementara velg yang digunakan dalam kondisi standar pabrik adalah ring 13. Untuk bisa mengganti velg standar dengan velg lain maka harus cari velg dengan PCD yang sama juga.

Sementara rekomendasi diameter velg tanpa melakukan ubahan cukup banyak di sektor kaki-kaki bisa pakai velg 14-15 inci. Namun banyak juga pemilik Suzuki Futura pick up yang sudah memasang velg ring 16 pada kendaraannya.

Tetapi pasti ada risiko dinding ban atau bibir velg membentur fender mobil saat kendaraan tersebut sedang mengangkut beban berat.

Kalian bisa menceper atau menurunkan Shock dari mobil 

Modifikasi Mobil Futura Minibus bukanlah perkara sulit. Sebab konstruksi dan komponen pada mobil tersebut memang dibuat sederhana agar mudah dalam perawatan dan perbaikannya.

Termasuk juga untuk urusan komponen suspensi seperti per dan shockbreaker. Bagian depan suspensi Suzuki Futura menggunakan jenis per ulir atau yang kerap disebut oleh mekanik dengan istilah per keong.

Untuk bisa membuat bagian suspensi depan ini lebih ceper, ada dua cara yang dapat ditempuh. Yaitu dengan memotong sebagian ulir pada per tersebut sesuai kebutuhan.

Nah itu lah ide dan tips dalam modifikasi Mobil Futura Minibus, semoga informasi yang kami berikan ini bermanfaat dan terima kasih.