Macam Macam Perangkat Keras Jaringan Komputer dan Fungsinya

Posted on

Macam Macam Perangkat Keras Jaringan Komputer dan Fungsinya

ReXdl.co.id – Perangkat keras komputer merupakan aspek yang penting dalam penggunaan komputer. Tanpa perangkat keras, maka tujuan dan fungsi komputer tidak akan berjalan maksimal. Jenis dari perangkat keras untuk komputer ada beragam, masing masing juga punya fungsi berbeda.

Agar lebih mudah dalam menggunakan komputer, berikut adalah macam macam perangkat keras yang umum dan sering digunakan untuk komputer. Dengan mengetahuinya, kamu bisa lebih mahir dan paham teknis kerja dari komputer tersebut.

 

Jenis-jenis Perangkat Keras Jaringan Komputer

Seperti yang kita ketahui jika komputer terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras, setiap perangkat memiliki fungsi masing-masing yang sangat penting. Namun khusus untuk kali ini, kita akan memberikan pembahasan mengenai perangkat keras yang ada pada komputer.

Berikut penjelasan lengkapnya:

Router

Merupakan jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan. Jaringan yang saling terhubung akan memudahkan pengguna untuk mengirim atau menerima data. Sistem kerja router mirip dengan bridge, bedanya router menggunakan lapisan OSI.

Router juga bisa mengirimkan dan meneruskan paket data yang diterima, membagi jaringan ataupun menyatukan beberapa jaringan menjadi satu. Router bisa kamu temukan di berbagai tempat, dari sekolah hingga kantor agar data penting bisa terdistribusi dengan baik.

Komputer Client

Berikutnya adalah komputer klien yang memiliki arti sebagai komputer pengguna. Klien merupakan orang yang mengakses data, data tersebut bisa didapatkan dari jaringan internet. Komputer klien merupakan kumpulan beberapa komputer yang digabungkan dengan satu jaringan.

Apabila ada komputer yang tidak terhubung dengan server atau komputer utama, maka data tidak bisa didapatkan. Perangkat keras komputer ini harus terpasang di semua komputer dalam satu lingkup kerja, jika tidak, maka komputer tidak bisa mengakses data atau jaringan internet.

Kabel Jaringan

Perangkat keras yang selalu ada di komputer adalah kabel. Kabel ini menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lain atau menghubungkan komputer dengan internet. Sebelum wifi digunakan, kabel jaringan digunakan untuk mengakses internet pada komputer.

Saat ini kabel juga masih digunakan untuk mengakses jaringan internet, namun dengan sistem yang lebih canggih. Ada dua jenis kabel jaringan untuk internet, yakni kabel UTP untuk jaringan lokal dan kabel fiber optic untuk pengiriman data yang lebih luas dan cepat.

LAN Card

Menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain juga bisa menggunakan LAN Card. Jika komputer yang kamu gunakan menggunakan jaringan LAN, maka LAN Card akan dipakai untuk menghubungkan komputermu dengan komputer data utama.

Game & App Pilihan :  Cara Menggunakan Kuota Belajar

Fungsi lain dari LAN Card adalah mengubah aliran data yang berbentuk paralel menjadi bentuk serial. Dengan perubahan tersebut, data dapat ditransmisikan dengan jaringan lain yang lebih baik, yakni kabel UTP. Umumnya LAN Card sudah terpasang langsung di motherboard komputer.

Wireless Card

Menghubungkan dua device komputer tanpa kabel bisa dilakukan dengan memakai wireless card. Kedua device komputer ini tersambung dengan jaringan wifi yang diaktifkan menggunakan wireless card. Saat ini sudah banyak jenis laptop atau komputer yang menggunakan perangkat keras komputer ini.

Karena sudah tersedia secara otomatis di dalam komputer atau laptop, kamu tidak perlu melakukan pembelian mandiri atau terpisah. Ini tentu berbeda dengan model komputer konvensional yang mengharuskan penggunanya untuk membeli wireless card.

Konektor

Ketika menggunakan kabel untuk menyambungkan dua device, terdapat konektor di bagian ujungnya. Ujung konektor ini nantinya akan digunakan untuk menghubungkan adapter pada kabel atau device yang lain.

Ada banyak jenis konektor yang sering digunakan oleh komputer, diantaranya adalah:

  • Konektor ST, digunakan untuk menyambungkan kabel optic, memiliki harga paling mahal.
  • Konektor BNC, fungsinya untuk menyambungkan kabel tipe coaksial.
  • Konektor RJ-45, kamu bisa menggunakan kabel ini untuk kabel UTP, sehingga perangkat jaringan internet dapat tersambung dengan baik.

Modem

Modulator demodulator atau modem adalah salah satu perangkat jaringan komputer yang banyak digunakan. Fungsinya untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, bisa juga digunakan secara terbalik.

Ada banyak jenis modem yang bisa kamu temukan di pasaran, misalnya model tipe ADSL, USB, ataupun modem dengan model mifi. Modem biasa dipakai oleh komputer untuk mengakses jaringan internet.

Repeater

Kalau kamu menyambungkan wifi ke komputer dan sinyalnya lemah, maka kamu harus menggunakan repeater. Fungsinya untuk memperluas jangkauan sinyal wifi, sehingga perangkat bisa terhubung dengan mudah di jaringan tersebut.

Perangkat keras komputer ini memiliki cara kerja sederhana, setelah menerima sinyal dari server, sinyal akan dipancarkan kembali oleh repeater. Sinyal yang dipancarkan ulang ini memiliki jangkauan yang lebih luas dan kuat.

Switch

Perangkat keras lain yang sering digunakan oleh komputer adalah switch. Switch memiliki fungsi untuk memecah jaringan, sehingga satu server dapat terbagi bagi menjadi beberapa klien di jaringan lokal. Switch menggunakan port khusus yang memiliki kelipatan 4.

Apabila port yang dimiliki semakin banyak, maka harga switch semakin mahal. Bentuknya menyerupai hub, namun dengan fungsi ayang berbeda. Fungsi lain yang dimiliki oleh switch adalah memperkuat sinyal yang sudah ditransmisikan oleh server, sehingga kecepatan yang didapatkan setara.

Game & App Pilihan :  Cara Menghilangkan Internet Positif

Hub

Hub memiliki bentuk yang menyerupai switch, namun fungsinya berlainan. Hub akan membagi jaringan yang ada di satu server, agar bisa digunakan secara merata oleh beberapa klien. Hub lebih sering digunakan untuk jaringan tipe LAN.

Perbedaan lain hub dengan switch adalah kemampuan mengatur klien. Hub hanya bisa membagi jaringan tanpa bisa mengatur dan membatasi berapa paket data yang terkirimkan ke klien. Ini tentu akan membuat klien tidak menerima secara merata data yang ada.

USB Wifi Adapter

Perangkat keras komputer yang belakangan sedang banyak digunakan adalah USB Wifi Adapter. Untuk kamu yang tidak bisa membawa wifi card kemana mana, USB Wifi Adapter adalah solusi yang bisa digunakan. Fungsi dari alat ini tidak berbeda jauh dengan Wifi Card.

Tentunya USB Wifi Adapter lebih unggul karena memiliki mobilitas yang lebih tinggi, mudah dibawa dan ringan. Kamu hanya perlu memasukkan alat ini ke port USB yang tersedia di laptop atau komputer, mengakses internet nantinya bisa makin mudah dilakukan.

Acces Point

Perangkat lain yang tidak boleh dilupakan adalah acces point, peralatan ini digunakan untuk mentransmisikan sinyal wireless yang didapatkan dari router. Dengan menggunakan acces point, maka sinyal bisa diterima oleh klien dengan lebih mudah.

Penggunaan acces point tidak begitu sulit, bahkan lebih mudah jika dibandingkan dengan router. Kamu bahkan bisa menambahkan password di acces point, sehingga keamanan perangkat dapat terjaga dengan baik.

Masih banyak perangkat keras yang digunakan oleh komputer, jika memang membutuhkan, kamu bisa membelinya secara terpisah. Harga tiap perangkat berbeda beda, tergantung fungsi dan jenisnya, karena itu periksa sebelum membeli agar tidak terjadi kesalahan.

Perangkat keras komputer diatas merupakan jenis perangkat yang paling banyak digunakan. Menggunakan perangkat keras tambahan memang tidak masalah, namun pastikan spek komputer yang kamu gunakan memadai. Jika tidak, penambahan perangkat diatas malah akan membuat komputer tidak maksimal digunakan.

 

Game dan Aplikasi Keren Lainnya: