Perbedaan RAM dan ROM yang Wajib Kamu Tahu

Posted on

Perbedaan RAM dan ROM

ReXdl.co.id – Kita pasti familiar atau sering menggunakan istilah RAM dan ROM pada saat membahas perangkat Komputer dan Smartphone. Tapi kamu sudah tahu benar mengenai arti dari kedua istilah ini? Sudah tahu belum apa saja perbedaan RAM dan ROM? Jika kamu belum tahu, sini Rexi bisikin!

Ketika hendak membeli perangkat seperti PC, Laptop dan Smartphone yang pertama kali kita perhatikan adalah RAM dan ROM nya.

Sebelum kita bahas lebih lanjut soal perbedaan RAM dan ROM mari kita lihat dulu ulasan singkat di bawah ini mengenai RAM dan ROM.

 RAMROM
SingkatanRandom Access MemoryRead-only Memory
FungsiDigunakan untuk menjalankan dan membaca aplikasi dengan cepatDigunakan untuk menyimpan program untuk booting awal.
PerubahanData yang ada di dalam RAM akan terus menerus berubah. Ketika kehilangan daya energi atau listrik maka data nya pun akan hilangData tidak dapat berubah dan tidak dapat hilang meski kehabisan daya listrik
Tipe2:

Static RAM

Dynamic RAM

3:

PROM

EPROM

EEPROM

UkuranLebih besarLebih kecil

 

Pengertian RAM dan ROM

Untuk mengetahui perbedaan antara RAM dan ROM, cara yang paling mudah adalah dengan melihat pengertian dari kedua istilah ini lewat ulasan berikut :

Pengertian RAM

Random Acces Memory atau disingkat dengan istilah RAM adalah memori yang ada dalam sebuah perangkat. Memori ini digunakan untuk menjalankan sistem operasi. Dan melakukan pemograman dan menjalan proses perangkat yang sedang berjalan.

RAM juga disebut sebagai bentuk penyimpanan data yang mampu kamu akses secara acak setiap saat.

 

Pengertian ROM

ROM adalah sebuah singkatan dari istilah dari Read Only Memory. Jika dilihat dari pengertiannya maka ROM adalah sebuah memori yang ada di dalam sebuah perangkat. Misalnya saja pada Komputer, ROM ini memiliki fungsi untuk menjalankan proses booting-up pada perangkat tersebut.

Proses ini sendiri biasanya akan berjalan sesuai dengan petunjuk atau instruksi yang terdapat pada komputer.

Selain itu ROM juga diartikan sebagai sebuah tipe memori yang cuma dapat kamu baca. Namun tidak dapat kamu isi dengan sebuah data mau pun file. Meskipun bisa diisi dengan data atau file. Namun dibutuhkan sebuah proses khusus yang cukup rumit.

 

Perbedaan RAM dan ROM

Sudah tahu kan, pengertian dari RAM dan ROM, agar lebih jelas lagi. Mari kita bahas apa saja perbedaan yang ada di kedua istilah ini.

Aliran Listrik atau Daya pada Perangkat

Untuk melihat perbedaan dari kedua istilah ini, cara yang paling mudah adalah dengan melihat keduanya melalui aliran listrik atau daya yang ada di perangkat. Apabila RAM membutuhkan aliran listrik atau daya agar dapat menjalankan data.

Sehingga komputer harus dinyalakan terlebih dahulu untuk melihat data yang ada di dalam RAM.

Sementara pada ROM data tidak akan pernah berubah atau hilang, meski komputer dalam keadaan mati.

Fungsi

Jika dilihat dari jenisnya, meski keduanya merupakan sebuah ruang penyimpanan. Namun RAM sendiri tidak mampu menyimpan data secara permanen sehingga bisa hilang. Data yang di dalam sendiri RAM akan hilang ketika kita mematikan perangkat.

Namun jika pada ROM, semua data yang disimpan akan permanen. Jadi meskipun kita mematikan perangkat komputer maka data akan tersimpan dan tidak dihapus.

Chip

Perbedaan keduanya juga terletak pada chip yang mana pada RAM biasanya hanya digunakan di dalam operasi normal saja. pada saat kamu menjalankan komputer setelah menyelesaikan proses loading sistem operasi.

Pada saat menjalankan data menggunakan chip RAM membutuhkan waktu yang terbilang lebih cepat.Selain itu dalam chip RAM biasanya sanggup menyimpan data hingga satuan GB.

Untuk RAM sendiri chip hanya digunakan untuk proses start-up dan membutuhkan proses yang cukup lama. Di dalam chip ROM sendiri hanya mampu menyimpan beberapa MB data saja. Berkisar 4MB atau lebih hanya untuk perchipnya saja.

Ukuran

Perbedaan aalah satu yang paling mencolok dari keduanya adalah ukuran. Di mana ukuran pada RAM biasanya lebih hingga mencapai satuan GB. Sedangkan pada ROM terbatas pada satuan MB saja.

Jenis

RAM merupakan ruang penyimpanan yang berjenis volatile sedangkan untuk ROM sendiri jenisnya adalah non volatile.

Sifat

Jika dilihat dari sifatnya, keduanya juga sangat berbeda. Perbedaannya terletak pada RAM yang memiliki kemampuan untuk menyimpan sebuah data secara permanen. Alias tidak tetap sehingga dapat terhapus.

Sebaliknya, ROM memiliki kemampuan untuk mempertahankan data agar tidak terhapus. Sehingga data tersimpan secara permanen di dalam ROM

 

Jenis RAM  dan ROM

Terdapat dua jenis pada RAM, jenis yang pertama yakni Dynamic Random Acces Memory atau disingkat dengab DRAM. DRAM ini adalah sebuah memory yang digunakan untuk menyimpan setiap bit data yang saling terpisah secara kapasitor yang ada di dalam sebuah sirkuit terpadu.

Lalu jenis yang kedua adalah Static Random Acces Memory atau SRAM. Sedangkan SRAM ini merupakan sebuah kapasitas yang secara khusus dirancang dengan memanfaatkan item transistor, dan tidak menggunakan kapasitor.

SRAM sendiri biasanya dirancang dengan menggunakan cluster enam transitor. Hal ini dilakukan agar mampu menyimpan setiap bit informasi. Selain itu chip di dalam SRAM digunakan di dalam chace memori.

Sementara itu jenis RAM ada tiga yakni yang pertama adalah Programmable Read-Only Memory atau disingkat dengan PROM. Kapasitas ini dimanfaatkan untuk memproduksi atau membuat memori.

Lalu yang kedua biasanya dikenal dengan singkatan EPROM. Singkatan ini berasal dari Erasable programmable read – only memory.

Sedangkan yang terakhir adalah Electrically erasbale programmable read only memory dan biasa disingkat dengan EEPROM.

 

Fungsi RAM dan ROM

Jika dilihat dari fungsi keduanya juga memiliki perbedaan ya, yang pasti. Jika ROM sendiri memiliki fungsi menjadi tempat untuk menyimpan data internal. Data yang ada pada RAM ini akan digunakan untuk menjalankan sistem operasi. Beserta dengan sistem yang lain di dalam perangkat PC atau Laptop.

ROM juga merupakan sebuah bentuk penyimpanan data yang ada pada perangkat. Misalnya saja seperti komputer, Laptop hingga smartphone serta tablet.

Sedangkan RAM adalah sebuah bentuk penyimpanan data yang mampu diakses dengan acak setiap saat. Untuk mengukur RAM kamu bisa menggunakan satuan GB maupun MB, sementara kecepatannya diukur dengan menggunakan satuan waktu nanodetik.

Chip pada RAM mampu membaca data lebih cepat apabila dibandingkan dengan ROM.

 

Penutup

RAM dan ROM sendiri adalah dua istilah yang tidak asing di telinga kita. Terutama jika kita seorang pecinta teknologi. Bahkan bagi mereka yang awam pun, istilah ini sudah sangat familiar.

Saat membeli perangkat, baik Laptop, PC, Smartphone hingga tablet. Salah satu hal yang paling diperhatikan biasanya adalah kedua komponen ini. Yakni RAM dan ROM. Jadi jangan hanya sering menyebut kedua istilah ini tanpa tahu pengertian jelasnya. Atau bahkan tidak tahu apa perbedaan.

Tapi dengan ulasan mengenai perbedaan RAM dan ROM yang sudah Rexi berikan di atas. Semoga mampu menambah informasi sobat ReXlover yang setia dengan ReXdl.co.id. Sampai jumpa lagi, Wassalam…..

Game dan Aplikasi Populer Lainnya :

 

Game & App Pilihan :  9 Aplikasi Edit Stiker WA Terbaik dan Terbaru 2020