Signal vs WhatsApp Lebih Baik Mana? Simak Fitur dan Kelebihannya

Posted on

Signal vs WhatsApp

ReXdl.co.id – Signal VS WhatsApp merupakan dua aplikasi yang sedang mendapatkan banyak sorotan. Terutama setelah WhatsApp mengumumkan kebijakan terbaru mereka mengenai penyerahan data pengguna pada pihak ketiga.

Pihak ketiga di sini adalah Facebook yang merupakan induk perusahaan dari WhatsApp.

Kabar ini membuat banyak pengguna mulai berbondong-bondong untuk mencari alternatif lain sebagai aplikasi berkirim pesan. Dan mulai hadirlah Signal yang dianggap bisa menjadi salah satu pilihan yang aman.

Signal yang hadir dalam sistem End to end Encryption ini meyakinkan penggunannya bahwa mereka tidak hanya memastikan setiap pesan yang dikirimkan aman.

Namun juga setiap data pengguna juga akan aman, sebab pihak Signal tidak menyimpan data pengguna kecuali nomor telepon yang digunakan untuk mendaftar.

Tapi apakah benar aplikasi Signal lebih aman digunakan ketimbang WhatsApp? Dan kenali dulu apa saja kelebihan serta kekurangan kedua aplikasi ini, sebelum sobat memutuskan untuk hijrah dari WhatsApp ke Signal.

 

Fitur-fitur Signal VS WhatsApp

Untuk mengetahui apakah sobat akan berpindah dari WhatsApp ke Signal, coba lihat beberapa fitur yang diusung oleh kedua aplikasi ini ya!

1.) Mendukung Percakapan Personal dan Grup

Fungsi utama dari aplikasi ini adalah sebagai aplikasi chatting modern yang tidak hanya bisa digunakan untuk melakukan percakapan personal saja. Namun jug bisa digunakan untuk melakukan percakapan dalam grup.

Kedua aplikasi ini telah mendukung fitur ini ini loh, baik WhatsApp mau pun Signal.

Meski pihak Signal belum mengkonfirmasi berapa batasan jumlah anggota percakapan di dalam grup.

 

2.) End to end Encryption

Sigal terbilang yang pertama kali menawarkan protokol End to end encryption yang artinya hanya pengirim dan penerima pesan saja yang bisa membaca pesan yang dikirimkan.

Meski fitur ini juga kemudian digunakan oleh pihak WhatsApp, Messenger, Skype, bahkan Google Allo.

Bisa dibilang metode endkripsi ini telah melalui proses audit yang sering diperbedatkan dengan Mtproto yang digunakan di Telegram dan disebut belum sepenuhnya teruji.

Nah, beberapa waktu lalu WhatsApp pun juga sudah meluncurkan fitur ini, meski pada 8 Februari nanti WhatsApp mulai menyerahkan data pengguna pada pihak ketiga yakni Facebook.

Namun fitur ini meyakinkan pengguna bahwa hanya pengirim dan penerima pesan saja yang bisa membaca isi pesan.

Game & App Pilihan :  Download Redbox TV V1.4 Gratis

 

3.) Mengunci Aplikasi

Fitur ini memungkinkan sobat bisa menggunakan kunci keamanan aplikasi. Sobat bisa menggunakan screen lock Android dengan sidik jari atau PIN agar aplikasi aman dari jangkauan tangan-tangan iseng.

Baik Signal dan WhatsApp sudah menggunakan fitur ini jadi bisa lebih aman menggunakan aplikasi ini ya.

 

4.) Mendukung Voice dan Video Call

Sebagai salah satu aplikasi platform chatting, Signal dan WhatsApp sama sama dapat digunakan untuk melakukan panggilan suara dan video untuk berkomunikasi bahkan bisa melalui proses enkripsi. Jadi data akan lebih aman.

 

5.) Mendukung Berbagai File

Untuk mengirim berbagai macam file sobat tidak perlu khawatir sebab kedua aplikasi ini sudah mendukung pengiriman dalam berbagai macam file. Mulai dari gambar atau foto, video, audio, dokumen dengan pilihan koneksi untuk mengunduh berkas, menggunakan Wi-Fi dan Data Seluler.

 

7.) Mendukung Emoji dan GIF

Bisa dibilang emoji dan GIF menjadi salah satu cara untuk mengekspresikan emosi lewat chatting. Tidak hanya menggunakan kata-kata saja, sehingga Signal dan WhatsApp pun tak luput memasukkan fitur emoji dan GIF untuk mendukung proses komunikasi agar lebih lancar.

Meski hingga kini, Signal belum menambahkan sticker seperti yang ada pada WhastApp.

 

8.) Mendukung Berbagai Platform

Sama halnya dengan aplikasi platform chatting lainnya, sobat juga bisa menggunakan aplikasi Signal dan WhatsApp di berbagai platform. Tidak hanya di android, tapi juga bisa di iOS, bahkan bisa melalui browser atau aplikasi web.

Namun ada ekstensi bahwa Signal nantinya bakal ada di Browser Google Chrome agar bisa mempermudah akses penggunannya di perangkat komputer.

 

9.) Mendukung Tema Aplikasi

Kedua aplikasi ini juga mengusung dua tema yakni tema terang dan tema gelap yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan pengguna. Untuk tema terang, WhatsApp akan menghadirkan warna hijau khasnya, sedangkan Signal mendukung tampilan biru untuk tema terangnya.

Sedangkan pada tema gelap, keduanya mengusung warna hitam.

 

Kelebihan Signal vs WhatsApp

Pada dasarnya Signal memiliki beberapa fitur yang nyaris sama dengan WhatsApp, fungsi aplikasi ini pun terbilang sama. Namun ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Signal.

Dan mungkin bisa dijadikan pertimbangan bagi sobat ReXlover yang ingin mencari alternatif aplikasi berplatform chatting lain selain WhatsApp.

Berikut ini kelebihan yang dimiliki oleh Signal jika dibandingkan dengan WhatsApp :

1.) Disappearing Message

Fitur lain yang ada di Signal adalah fitur yang dapat membuat pesan terhapus secara otomatis dengan pilihan durasi mulai dari 5 detik hingga 1 minggu. Jika sobat memilih menggunakan fitur ini maka akan muncul ikon jam pasir pada tiap pesan yang dikirimkan.

 

2.) Bisa jadi aplikasi SMS/MMS

Menariknya aplikasi Signal ini bisa digunakan untuk aplikasi pesan singkat juga loh, atau aplikasi SMS bawaan. Meski tidak melalui proses enksripsi ya.

Game & App Pilihan :  Cara Memasukan IDM ke Chrome yang Tidak Muncul Terbaru 2020

 

3.) Nomor Telepon Lebih Aman

Ketika pertama kali sobat melakukan registrasi pada aplikasi Signal maka pengguna hanya membutuhkan nomor telepon saja. Kemudian sisanya, platform ini tidak tahu apa saja yang ada di akun pengguna.

Pada saat melalukan pencarian pun Signal hanya akan mengirim data berupa nomor telepon yang tidak akan ditampilkan semuanya. Namun hanya nomor yang telah dipotong secara kriptografis.

Sedangkan data lainnya seperti untuk nama pengguna, foto dan lain lain, tidak akan ditransmisikan atau ada di dalam server platform ini loh. Jadi data terbilang lebih aman.

 

4.) Mendukung Back Up Manual & P2P

Kelebihan lain dari aplikasi Signal juga terdapat pada sisi back up data yang mana pada aplikasi ini mendukung transfer back up manual untuk pengguna android. Dan back up P2P untuk pengguna iOS.

 

5.) Fitur Screen Security

Signal memiliki salah satu fitur yang dinilai cukup menarik bagi penggunannya, yakni fitur screen security yang sangat cocok bagi sobat yang tidak suka menampilkan preview chat saat berada di luar aplikasi.

Sehingga hal ini dinilai lebih mampu menjaga privasi penggunanya loh. Sobat bisa memilih mengaktfikan fitur ini atau tidak.

 

Akhir Kata

Pada dasarnya kedua aplikasi ini memiliki fungsi dan beberapa fitur yang sama, hanya saja Signal hadir dalam beberapa kelebihan yang dimilikinya. Dan bisa saja hal ini menjadi salah satu alasan bagi sobat untuk pindah menggunakan aplikasi ini.

Terlebih lagi karena aturan baru WhatsApp yang dinilai kurang melindungi data dan privasi penggunanya. Mengingat data pengguna akan disalurkan pada perusahaan induk WhatsApp yakni Facebook yang pernah bermasalah dengan penyalahgunaan data penggunanya beberapa tahun lalu.

Jadi jika sobat salah satu pengguna yang menentang kebijakan tersebut, tidak ada salahnya jika sobat mulai untuk berpindah dengan aplikasi lain yang serupa. Salah satu yang paling direkomendasikan adalah aplikasi Signal.

Signal VS WhatsApp mana yang terbaik? Jawabannya ada di tangan sobat ReXlover sebagai pengguna. Semoga ulasan ReXdl.co.id kali ini bermanfaat dan sampai jumpa pada ulasan berikutnya.

 

Game dan Aplikasi Keren Lainnya :