Pengenalan Sistem Operasi Linux

Posted on

Pengenalan Sistem Operasi Linux

 

Apakah kamu merasa tidak asing dengan kalimat ‘sistem Operasi Linux’? Tetapi meskipun begitu, kamu tidak tahu apa yang dimaksud dengan Linux sendiri. Pengenalan sistem operasi pada Linux tidak begitu sulit untuk dipelajari.

Untuk kamu yang masih pemula, ada beberapa hal yang harus kamu tahu mengenai perangkat lunak ini. Terutama pengertian, fitur-fiturnya, kelebihan dan juga kekurangannya, serta apa saja jenis dari Linux. Yuk, kita belajar bersama!

 

Apa itu Sistem Operasi Linux?

Linux merupakan sebuah sistem operasi komputer berbasis Unix, yang termasuk keluarga sistem operasi bebas yang dikembangkan oleh Linus Torvalds. Linux dibangun diatas kernel Linux yang merupakan sistem operasi yang paling pertama kali dikembangkan oleh pengembang yang sama.

Linux dirilis perdana pada tanggal 17 September 1991. Memang sudah lama tetapi masih digunakan oleh sebagian besar orang. Target pemasaran Linux terdiri dari komputasi awan, komputer bingkai utama, ponsel cerdas, dan masih banyak lagi. Kamu bisa mengunjungi link Website resmi Linux disini https://www.kernel.org/

Linux dilengkapi oleh komponen-komponen yang disebut  distribusi Linux. Distribusinya sendiri meliputi Linux Mint, Manjaro Linux, MX Linux, dan masih banyak lagi dengan tujuan komersial Enterprise Linux dan juga SUSE Linux.

 

Fungsi-Fungsi Linux

Secara umum fungsi Sistem Operasi Linux adalah sebagai berikut :

Multi-Tasking

Ini memungkinkan kamu untuk membuka beberapa program sekaligus dalam satu waktu hanya di sebuah perangkat komputer.

Multi-Programing

Ini bisa memungkinkan untuk melakukan beberapa program untuk menjalankan resources pada satu waktu yang bersamaan bergantian. Misalnya, dalam proses memasukan data.

Time-Sharing

Ini bisa memungkinkan kamu untuk menggunakan CPU bersamaan, CPU sendiri akan memberikan waktu bergantian untuk kamu.

Multi-Processing

Ini bisa memungkinkan sejumlah CPU untuk bekerja secara bersama-sama di waktu yang bersamaan.

 

Fungsi Linux secara mendetailnya adalah sebagai berikut.

  1. Pengaturan Processor (ini adalah fungsi yang mengatur sebuah processor untuk dijalankan oleh sistem dari sebuah komputer)
  2. Pengaturan memori (ini adalah fungsi yang mengatur pembagian  serta mengirim instruksi ke sistem komputer)
  3. Pengaturan input/output (ini adalah fungsi koordinasi dan tugas dari perangkat input/output saat beberapa program sedang berjalan secara bersamaan)
  4. Menjalankan sistem prioritas (ini adalah fungsi untuk menentukan urutan pekerjaan , dari yang paling diutamakan sampai yang masih bisa diabaikan)
  5. Interpretasi ( ini adalah fungsi untuk menerjemahkan semua perintah-perintah)
Game & App Pilihan :  Cara Crop Gambar di Corel

 

Fitur-fitur pada Sistem operasi Linux

Ada beberapa fitur-fitur menarik dari Sistem Operasi Linux yang akan membuat kamu terkesan. Berikut ini adalah fitur-fitur dari Linux.

Eksekusi Program

Fitur ini merupakan interface antara aplikasi dan juga hardware. Sistem operasi ini akan menyederhanakan pengembangan dari sebuah aplikasi.  Fitur ini melibatkan proses yang diciptakan oleh sistem operasi.  Memuat program dan juga mengeksekusi program.

Interupsi

Fungsi ini merupakan pusat dari sebuah sistem operasi. Fungsinya adalah menyediakan sebuah cara yang efisien untuk sistem agar bisa berinteraksi dengan lingkungannya. Fitur ini menyediakan cara untuk otomatis bisa menyimpan isi dari register local dan juga menjalankan kode khusus sebagai respon.

Mode Terproteksi dan Supervisor

Fitur ini memungkinkan fungsi-fungsi CPU dapat dikendalikan dan hanya dipengaruhi oleh kernel sistem saja. Ini adalah fitur yang penting saat CPU pertama kali mulai. Kamu bisa meninggalkan mode ini cukup dengan memancing Interupsi.

Manajemen Memori

Fitur ini memungkinkan sebuah sistem operasi untuk bisa bertanggung jawab terhadap semua memori atau penyimpanan  yang sedang digunakan. Ini semua agar program yang satu dengan yang lainnya tidak bercampur.

Memori Virtual

Fitur ini memungkinkan kamu untuk menggunakan pengalaman memori virtual. Ini artinya kamu bisa memilih memori yang bisa digunakan untuk beberapa waktu tertentu.

 

Itulah 5 dari sekian banyaknya fitur-fitur menguntungkan yang terdapat pada sistem operasi Linux. Masih banyak fitur-fitur didalam Linux yang bisa kamu cari.

 

Jenis-jenis OS Linux serta manfaatnya Masing-masing

Jenis-jenis OS Linux atau yang biasa disebut Distro Linux.  Beberapa jenis-jenisnya diantaranya sebagai berikut:

Debian Linux

Debian Linux  adalah sebuah Fee Software yang merupakan hasil dari pengembangan berbagai sukarelawan dari seluruh dunia. Debian Linux sendiri merupakan OS Cross platform yang bisa dijalankan disemua perangkat komputer.

Debian Linux memiliki pemeliharaan yang berbasis APT, hanya membutuhkan Reboot saja pada saat penggantian kernelnya, atau ketika sedang gangguan listrik.

Redhat Linux

Redhat Linux merupakan OS yang menggunakan sistem RPM Package Manager, dan mudah dalam proses penginstalisasinya.  Dengan Redhat Linux kamu bisa mengubah alamt IP kamu menjadi Web, dan dapat digunakan sebagai Virtual host, sehingga makin mudah untuk diingat.

CentOS Linux

CentOS Linux adalah OS yang dilengkapi oleh Enterpise Linux (RHEL). Linux ini merupakan menjadi salah satu yang terbesar. CentOS Linux dapat digunakan secara gratis, dan bisa digunakan untuk kamu yang merupakan seorang pemula maupun bukan.

Game & App Pilihan :  Cara Registrasi Kartu XL

Ubuntu Linux

Ubuntu Linux adalah OS turunan dari Debian Linux. Sesuai dengan arti dari Ubuntu yaitu ‘rasa kemanusiaan terhadap sesama manusia’ Ubuntu memiliki sifat yang Open Source dan yang paling penting bisa digunakan secara gratis.

Ubuntu Linux juga tidak memerlukan perangkat komputer yang sangat tinggi untuk instalisasinya. Ubuntu Linux juga bisa didistribusikan sesuai dengan kebutuhan kamu.

SuSE Linux

SuSE Linux adalah OS yang paling stabil dan paling user Friendly. SuSE Linux juga menyediakan bahasa Indonesia pada programnya loh. SuSE Linux juga sangat cocok bagi pemula, karena memiliki pengaturan yang simple dan peka dalam mendeteksi sebuah hardware.

Ditambah harganya yang terjangkau, selalu aman dari serangan Virus, dan walaupun rajin update, mengupdate sistemnya pun sangat mudah.

Itu merupakan 5 dari banyaknya jenis-jenis Linux yang tentunya tidak kalah bagus dari yang sudah disebutkan diatas. Diantaranya Slackware Linux, Linux Mint, Fedora Linux, Caldera Linux, dan juga Mandriva Linux.

 

Kelebihan dan kekurangan dari Linux

Kelebihan dari Sistem Operasi Linux diantaranya adalah :

  1. Open-Source yang gratis dan bisa dikembangkan sesuai dengan keinginan kamu.
  2. Keamanan yang bisa dipercaya untuk mencegah virus masuk kedalam OS.
  3. Linux memiliki Size yang ringan sehingga bisa dijalankan di komputer dengan spesifikasi yang lumayan rendah.
  4. Customization yang memungkinkan kamu untuk bisa mengubah sendiri semua fitur-fiturnya.
  5. Banyak pilihan distro.

 

Kekurangan dari Sistem Operasi Linux diantaranya :

  1. Tidak bermitra dengan banyak aplikasi karena Linux tidak begitu dilirik oleh pasar, dan masih asing ditelinga banyak orang.
  2. Layanan support berbayar, walaupun ada yang gratis tetapi Linux masih memiliki layanan yang berbayar.
  3. Ada beberapa perangkat Hardware yang tidak didukung oleh Linux. Sehingga kalau kamu menginstal Linux di perangkat Hardware yang tidak sesuai Linux tidak akan berjalan dengan semestinya.

 

Apakah sampai disini kamu sudah mengerti mengenai Sistem Operasi Linux? Mulai dari definisnya, jenis, fitur dan lain sebagainya. Saatnya kamu untuk melengkapi komputer kamu dengan Linux, dan dapatkan semua keuntungannya!

 

Aplikasi dan Game Keren Lainnya: