Cara Upload File Web Melalui FTP Client Filezilla winSCP

Posted on

Cara Upload File Web Melalui FTP Client Filezilla winSCP

Kamu yang sudah berpengalaman di bidang penulisan artikel, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya FTP website. Tapi bagi kamu yang pemula, kamu ingin tau cara Upload FTP Website bukan?

Yuk, kita belajar bersama melalui ulasan di bawah ini :

 

Jenis-jenis Pengupload FTP Website

Tahukah kamu sebenarnya kamu bisa menggunakan beberapa cara untuk mengupload website kamu dengan mudah loh. Salah satu caranya, yaitu menggunakan FileZilla dan juga WinSCP.  Mari kenalan dulu dengan FileZilla dan juga WinSCP.

Tapi sebelumnya, kamu juga harus mengetahui apa itu FTP sendiri. FTP yang merupakan singkatan dari ‘File Transfer protocol, yaitu sebuah cara untuk mengirim sebuah file dengan cara online. Misalnya, ketika kamu sedang mengunjungi suatu situs kamu pasti menemukan satu protokol yaitu HTTP.

Selain HTTP juga, masih ada protokol yang lainnya juga. Contohnya yaitu IMAP ataupun POP. XMPP untuk mengirim dan menerima pesan, ada juga DNS untuk menerjemahkan nama domain ke alamat ip kamu.

Saat ini FTP menjadi cara termudah dan tertua untuk memindahkan suatu file dengan cara yang sangat mudah.  Lanjut ke pembahasan tentang FileZilla dan juga winSCP.

FileZilla merupakan sebuah aplikasi FTP lintas platform. FileZilla merupakan cara upload FTP Website yang sering dipakai oleh banyak orang, yang terdiri dari kilen FileZilla dan juga FileZilla server. Kliennya sendiri tersedia untuk Linux, Windows dan juga MacOS. Tapi, server hanya untuk Windows saja.

WinSCP merupakan sebuah aplikasi yang mengangkat  FTP, SFTP dan juga SCP tentunya secara gratis. Aplikasi  ini juga bisa memungkinkan kamu untuk menyeret file antara lokasi awalnya dengan aplikasi ini.

Kedua aplikasi gratis di atas sama-sama digunakan untuk melakukan Upload FTP Website. Dan tentunya memiliki fitur-fitur menariknya masing-masing.

 

Cara Upload File Website Melalui FileZilla

Cara untuk upload FTP Website di FileZilla cukup mudah, dan bisa kamu lakukan dengan sekali coba. Untuk langkah-langkahnya sendiri kamu bisa lihat di bawah.

  1. Kalau kamu belum memiliki aplikasi FileZilla, kamu bisa mendownloadnya terlebih dahulu. Berikut url untuk langsung menuju ke halaman download aplikasi FileZilla. https://filezilla-project.org/download.php. Kalau kamu sudah memiliki aplikasinya, kamu bisa langsung masuk saja ke dalam aplikasinya. Kalau sudah, kamu bisa lanjut ke langkah selanjutnya.
  2. Masuk ke dalam server, disitu kamu diharuskan untuk mengisi dari Username, Password, Host dan juga port kamu tentunya. Bila kamu sudah mengisi semuanya dengan benar, pastikan kamu mengisinya dengan benar. Kamu bisa menekan tombol bertuliskan ‘QuickConnect’.
  3. Sudah? Bila kamu sudah bisa memasuki servernya, otomatis kamu akan mendapatkan sebuah pemberitahuan tentang Status kamu. Kalau kamu tidak menerimanya, kemungkinan internet kamu sedang berkendala nih.
  4. Lanjut, kamu bisa mengganti direktori ke public.html. Kamu harus menggantinya, karena Public.html akan bisa terbaca di Website kamu.
  5. Lalu kamu bisa memilih filenya, kamu juga bisa menekan ctrl+a agar kamu bisa memilih semua artikel sekaligus. Kalau sudah, klik kanan dan pilih opsi upload ya.
  6. Otomatis, file yang kamu pilih tadi akan terupload. Untuk bukti apa uploadnya berhasil apa tidak kamu bisa lihat di panel successful transfer. Selesai deh!
Game & App Pilihan :  Download Instagram for PC

 

Upload FTP Website melalui FileZilla cukup sederhana dan juga mudah untuk dilakukan oleh pemula dalam FTP. Tapi ada satu hal yang harus kamu ingat,  kalau kau sudah mendownload aplikasi melalui link yang sudah disediakan di atas, kamu tentunya harus install dulu ya.

Untuk instalasinya sendiri cukup kamu lakukan seperti biasa, seperti menginstal aplikasi pada umumnya. Lanjut ke cara yang selanjutnya !

 

Cara Upload File Website Melalui winSCP

Upload FTP website melalui WinSCP tidak kalah mudahnya dengan FileZilla. Kamu hanya cukup mengikuti langkah-langkah yang sudah disediakan di bawah ini.

  1. Untuk kamu yang belum memiliki aplikasi winSCP, kamu bisa meng klik link berikut ini untuk langsung kehalaman downloadnya https://winscp.net/eng/download.php
  2. Bagi kamu yang sudah memiliki aplikasinya, langsung masuk saja ke dalam aplikasinya. Lanjut ke langkah yang selanjutnya.
  3. Langkah selanjutnya adalah kau harus memiliki koneksi ke FTP. Pilih File protocol : FTP. Lalu lengkapi Host, Username, Password, dan tentunya Port number.
  4. Untuk File protocol, kamu bisa memilih selain dari FTP kalau file kamu tidak mendukung ke FTP ya.
  5. Sesudah itu kamu bisa menekan kolom advanced. Untuk ini kamu bisa menyelesaikannya sesuai dengan keinginan, bisa menambah ataupun mengurangi untuk proses uploadnya. Selesai!

 

Caranya memang lebih singkat daripada cara peng upload FileZilla, tetapi lebih berbobot dan lebih simple. Kamu bisa menggunakan cara apapun yang ingin kamu inginkan untuk mengupload file.

 

Fitur-Fitur dari FileZilla dan winSCP

Masih susah untuk menentukan mana yang lebih baik untuk digunakan? Kamu bisa melihat fitur-fiturnya terlebih dahulu untuk meyakinkan mana yang akan kamu gunakan untuk upload FTP Website kamu.

 

Fitur-Fitur FileZilla

Berikut ini fitur-fitur yang ada pada FileZilla:

Site Manager

Dengan fitur ini bisa membantu kamu untuk mengelola atau membuat daftar situs FTP sekaligus dengan data koneksi, nomor port, protokol, dan mengidentifikasi apakah menggunakan log anonim atau tidak.

Game & App Pilihan :  Cara Screenshot di Laptop

Message Log

Sesuai dengan namanya,  ini berfungsi untuk menampilkan output jenis konsol untuk perintah yang terkirim oleh FileZilla dan juga respon yang diterima.

Transfer Queue

Fitur ini merupakan fitur yang memungkinkan kamu untuk menampilkan daftar transfer antrian  di bawah jendela loh.

Mendukung Google drive, One Drive, Amazon bahkan Dropbox

Dengan fitur ini kamu bisa mentransfer file ke google drive, onedrive, amazon bahkan ke dropbox dengan mudah, dan tentunya aman.

Bisa Menjalankan Sejumlah Transfer Cecara Bersamaan

Kamu bisa membuka beberapa tab, yang terhubung ke server yang berbeda-beda secara bersamaan. Tapi bila koneksi tidak kuat, kamu bisa juga membatasi jumlah dari koneksi di menu ‘transfer’

 

Fitur-Fitur winSCP

Sedangkan winSCP memiliki beberapa fitur seperti berikut:

Peningkatan Kinerja di Bagian Transfer File

Di Sejumlah besar file, kamu bisa mentransfer dengan cepat. Tetapi biasanya mentransfer file dalam jumlah besar, pasti terganggu dengan penggunaan koneksi yang lambat sehingga menunda pekerjaan.

WinSCP menghadirkan  dukungan untuk banyak koneksi, sehingga kamu bisa mentransfer file dalam jumlah besar dalam waktu yang cepat.  Bahkan sebuah tes bisa membuktikan bahwa peningkatan dengan signifikan dan transfer bisa selesai dalam sekejap mata.

Meningkatkan Dukungan Sistem Multi-monitor

Fitur selanjutnya adalah winSCP meningkatkan dukungan nya terhadap sistem multi-monitor, arti dari multi-monitor sendiri yaitu bisa berjalan pada resolusi DPI yang berbeda-beda.

Dukungan untuk Microsoft OneDrive

Dukungan koneksi aman ke dalam Microsoft OneDrive dengan menggunakan WebDav. Cara mengatur ini di dalam situs web Resmi, tidak begitu rumit tapi meskipun begitu masih memerlukan banyak langkah dan tidak hanya memasukan kredensial ke dalam OneDrive kamu.

Kamu bisa menemukan opsi dibawah kolom penyimpanan untuk preferensi memilih kostum yang bisa kamu simpan di folder yang akan disinkronkan .

 

Bagaimana, apa kamu sudah bisa menemukan aplikasi upload FTP yang cocok untuk kamu? Upload FTP Website memang tidak sesulit itu untuk kamu yang masih pemula, ditambah lagi fitur-fitur menguntungkan juga bisa mendorong kamu lebih maju. Selamat mencoba!

 

Aplikasi dan Game Keren Lainnya: