Upgrade ke Windows 10 Anniversary Update Menggunakan File ISO

Posted on

Upgrade ke Windows 10 Anniversary Update Menggunakan File ISO

 

Upgrade ke Windows 10 Anniversary Update tentu memudahkan pengguna Windows. Sebab sistem operasi terbaru bisa dirasakan sesegera mungkin, bahkan kadang tidak memerlukan biaya tambahan.

Windows bahkan memberikan edisi khusus dalam rangka ulang tahun Windows 10. Edisi khusus ini memiliki banyak fitur menarik yang bisa digunakan oleh user Windows. Meski begitu, edisi khusus ini ternyata hanya bisa dinikmati segelintir user saja.

Untuk kamu yang belum bisa merasakan, terpaksa harus menunggu edisi baru dirilis oleh Windows. Namun jangan khawatir, ada cara dan upgrade ke Windows 10 Anniversary dengan memakai file ISO, berikut adalah penjelasannya.

 

Kenapa Upgrade Menggunakan File ISO

Mungkin kamu bertanya tanya, kenapa upgrade yang dilakukan menggunakan file ISO, bukan menggunakan aplikasi ataupun link khusus. Ada beberapa keunggulan dari file ISO dibandingkan cara lain untuk upgrade ke Windows edisi khusus tersebut, diantaranya:

Bisa Digunakan Multi Device

Dengan menggunakan file ISO, kamu bisa melakukan upgrade sekaligus di beberapa device hanya dengan satu perangkat. Misalnya, kamu memiliki laptop Windows dan komputer secara terpisah, maka upgrade bisa dilakukan di satu perangkat saja.

Apalagi kedua perangkat tersebut ternyata mengggunakan versi dan bahasa yang sama, maka upgrade bisa dilakukan dengan lebih mudah. Ini tentu membuat kamu lebih hemat kuota ketika unduhan file upgrade dilakukan.

Bisa Clean Install

File ISO yang kamu gunakan untuk melakukan upgrade ke Windows 10 Anniversary ternyata bisa digunakan lagi di lain waktu. Selain bisa digunakan untuk melakukan upgrade sistem operasi yang saat ini kamu pakai, file ISO juga bisa digunakan untuk keperluan lain.

Misalnya, jika komputer atau laptop yang kamu gunakan ternyata bermasalah, khususnya di bagian sistem OS-nya. Maka file ISO tersebut dapat kamu gunakan untuk melakukan clean install di perangkat tersebut.

 

Cara Melakukan Upgrade ke Windows 10 Anniversary Update

 

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan upgrade ke edisi khusus Windows 10 tersebut, diantaranya adalah:

Game & App Pilihan :  Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

Menggunakan Link Official

Cara pertama adalah dengan menggunakan link official yang dikelola langsung oleh Windows. Biasanya Windows sebagai developer akan memberikan link kepada penggunanya untuk melakukan upgrade ke Windows versi Anniversary.

Namun user yang tidak sabar biasanya mencari sendiri link tersebut, sehingga upgrade bisa dilakukan dengan lebih mudah. Berikut ini adalah link khusus yang bisa kamu gunakan untuk merasakan fitur terbaru dari Windows 10 Anniversary Update.

Setelah membuka link tersebut, maka kamu bisa langsung melakukan upgrade ke Windows 10 Anniversary Update dengan mengikuti panduan yang tersedia. Jika berhasil, kamu bisa menikmati sistem Windows 10 versi terbaru yang memiliki fitur fitur terkini.

Menggunakan File ISO

Untuk melakukan upgrade menggunakan file ISO, kamu bisa mengikuti panduan berikut ini, yakni:

  1. Unduh file ISO untuk Windows 10 Anniversary Update terlebih dahulu, kamu bisa mengunduhnya disini.
  2. Setelah file selesai diunduh, lakukan mount menggunakan drive agar mudah diakses nantinya.
  3. Buka mount drive, double klik pada bagian exe.
  4. Tunggu sampai proses loadingnya selesai dilakukan.
  5. Akan ada dua pilihan yang muncul di kotak jendela baru, kamu bisa memilih download and install update untuk mengunduh sekarang.
  6. Jika kamu tidak ingin mengunduh saat itu juga, kamu disarankan memilih menu next untuk melanjutkan.
  7. Tunggu lagi sampai proses selesai dilakukan, kemudian pilih menu Accept.
  8. Tunggu kembali sampai muncul tulisan Install, pilih menu tersebut untuk melakukan upgrade ke Windows 10 Anniversary Update.

Setelah menyelesaikan pemasangan, perangkat desktop akan melakukan restart. Jangan khaatir, pastikan baterai laptop penuh untuk menyelesaikan proses tersebut. Jika sudah menyala kembali, silahkan login seperti biasa.

Kamu sudah menggunakan Windows 10 Anniversary Update, untuk memeriksanya, kamu bisa memilih menu Run, kemudian ketikkan winver. Kamu akan menemukan kotak jendela baru yang menginformasikan versi Windows yang sedang digunakan.

 

Keunggulan Upgrade ke Windows 10 Anniversary Update dengan ISO

Jika kamu melakukan upgrade ke Windows 10 menggunakan file ISO, kamu akan mendapatka keleluasaan memilih versi Home atau Pro. Ini tentu akan memudahkan user Windows yang terbiasa menggunakan satu versi tertentu selama pemakaian sistem OS.

Selain itu, file ISO yang sudah diunduh sebelumnya juga bisa digunakan kembali. Ini tentu menghemat dana upgrade atau install ulang sistem OS jika terjadi masalah didalamnya. File ISO juga bisa disimpan di perangkat penyimpanan lain, seperti flashdisk ataupun CD.

Meski demikian, upgrade ke Windows 10 Anniversary Update tetap harus sesuai dengan panduan dari Windows selaku developer. Setelah melakukan upgrade Windows versi terkini, kamu tetap diharuskan datang ke toko resmi Microsoft untuk memasukkan serial key number.

Game & App Pilihan :  Mengenal Pengertian Sistem Informasi¬† untuk Kesuksesan Bisnis Anda

 

Kelebihan upgrade ke Windows 10 Anniversary Update

Sebagaimana versi baru pada umumnya, ada beberapa kelebihan yang akan kamu temukan dalam versi kali ini, diantaranya adalah:

Fitur Biometric Windows Hello

Fitur ini berguna untuk kamu yang sering belanja secara daring, sebab teknologinya akan memudahkanmu memilih barang yang tepat sesuai dengan preferensi. Fitur ini hanya bisa kamu temukan di Windows 10 Anniversary Update dan beberapa perangkat Windows khusus lainnya.

Performa yang Lebih Baik

Sebagai versi ulang tahun, tentunya ada banyak fitur menarik yang bisa kamu gunakan di edisi kali ini. Salah satunya adalah performa sistem OS yang lebih baik dan kompatibel dengan perangkat yang kamu gunakan.

Terintegrasi dengan Skype Contacts

Aktif menggunakan Skype Contacts sebelumnya? Jangan khawatir, perpindahan dan upgrade sistem operasi tidak akan menghapus data yang ada di dalamnya. Fitur baru di upgrade ke Windows 10 Anniversary ini akan membuat kontak Skype dapat terintegrasi dengan ponsel ataupun laptop.

Pembaruan Cortana

Terakhir adalah pembaruan pada Cortana, ketika kamu melakukan login ke perangkat yang sudah kamu upgrade, Contana akan langsung aktif. Bahkan Cortana versi terbaru ini akan memberitahukan jika baterai yang kamu gunakan hampir habis.

 

Apakah Masih Bisa Upgrade ke Windows 10 Anniversary Update?

Mungkin kamu bertanya tanya, apakah upgrade ke Windows 10 versi Anniversary ini masih bisa dilakukan. Jawabannya masih bisa, namun pihak Microsoft sudah memblokir banyak user atau driver yang tidak melewati sertifikasi Microsoft.

Karena itu, jika kamu tertarik untuk melakukan upgrade, pastikan kamu mematuhi berbagai aturan yang sudah ditetapkan pihak developer. Meski begitu, baik kamu pengguna Windows berlisensi atau tidak, kamu masih tetap bisa merasakan Windows 10 Anniversary Update ini.

Melakukan upgrade ke Windows 10 Anniversary Update tidak hanya akan membuat bug yang ada di dalamnya teratasi, namun juga penambahan fitur. Fitur fitur ini tentu akan memudahkan pekerjaan komputasi harianmu, baik multitasking, browsing maupun programming.

Aplikasi dan Game Keren Lainnya :