5 Cara Memperbesar Ukuran JPG [Online + Offline]

Posted on

Memperbesar Ukuran JPG

ReXdl.co.id – Mungkin selama ini sobat ReXlover tidak pernah terpikir untuk memperbesar ukuran JPG karena merasa caranya cukup rumit untuk dilakukan. Padahal tidak juga kok, karena sebenarnya caranya cukup mudah. Apalagi banyak cara yang bisa digunakan dan dipilih sesuai dengan kebutuhan. Bisa kita ubah ukuran jpeg atau jpg dengan cara offline dan online seperti yang akan kita bahas dibawah ini

 

Cara Memperbesar File Foto atau Gambar JPG

Di sini ReXi sudah merangkum beberapa cara yang bisa sobat gunakan untuk memperbesar file foto atau gambar JPG. Langsung saja simak caranya di bawah ini :

 

Memperbesar Resolusi Gambar JPG Menggunakan Aplikasi Paint

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan Paint, cara ini terbilang cara yang cukup mudah dan tidak membutuhkan skill edit foto apapun. Langsung saja simak caranya di bawah ini :

1.) Siapkan gambar JPG yang ingin sobat perbesar, langsung klik kanan pada gambar dan pilih opsi Open With lalu klik Paint.

2.) Jika gambar sudah berhasil terbuka maka bisa langsung klik tombol resize.

3.) Lanjutkan dengan klik menu Pixels lalu ubah nilainya sesuai dengan yang dibutuhkan, tentu harus lebih besar dari nilai Pixels yang awal.

4.) Jika sudah selesai maka Klik File lalu simpan gambarnya dengan pilih Save As dan pilih JPG.

5.) Beri nama dan simpan hasilnya ya.

Beberapa hal yang harus sobat perhatikan saat menggunakan cara ini adalah, sobat bisa memanfaatkan menu percentage jika hendak memperbesar foto tanpa menggunakan setting pixels.

Maintain aspect ratio harus dicentang jika tidak ingin melakukan pengaturan secara manual. Dan ingat, jangan pernah mengatur skew atau degress sebab hal ini dapat mengubah hasil dari gaya fotonya.

 

Cara Memperbesar Ukuran File JPG Offline Dengan Photoshop

Sebagian besar dari sobat pasti berpikir jika membesarkan ukuran file JOG dengan menggunakan fotoshop cukup sulit. Padahal kenyataannya tidak loh, terutama bagi pemula.

Kembali lagi pada kebutuhan editingnya ya, jika hanya untuk memperbesar resolusi gambar maka caranya cukup mudah dan hasilnya sangat memuaskan.

1.) Pertama pastikan sobat sudah memiliki aplikasi Adobe Photoshop dan klik aplikasinya untuk membukanya.

2.) Pilih foto yang hendak sobat besarkan ukurannya ya.

3.) Setelah foto berhasil dimuat maka sobat bisa klik menu Image dan pilih opsi image size.

4.) Kemudian sobat akan menemukan menu pengaturan dan di sini sobat bisa memperbesar kolim pada Width dan Height. Sesuaikan dengan kebutuhan ya!

Width adalah ukuran lebar kanan yang menyamping ke bagian kanan dan kiri.

Game & App Pilihan :  Daftar Harga Paket Internet Telkomsel Terlengkap 2020

Height adalah tinggi gambar ke bagian atas dan bawah.

5.) Jika sudah langsung klik File dan Save As.

6.) jangan lupa beri nama sesuai dengan keinginan sobat dan pilih format JPG.

7.) Lakukan pengaturan untuk menentukan kualitas gambar sesuai dengan kebutuhan.

 

Beberapa hal yang harus sobat ingat adalah selalu aktifkan Constrain Proportions agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Selain itu sobat harus selalu mengaktifkan Resample Image.

Agar kualitas tidak berubah, pastikan untuk selalu menyimpan foto dalam format JPG lagi ya.

 

Memperbesar Ukuran Foto JPG Menggunakan Let’s Enhance

Jika cara di atas mengharuskan sobat untuk menggunakan aplikasi atau software, maka cara di bawah ini kita memanfaatkan website. Sehingga cara ini mengharuskan sobat terhubung dengan jaringan internet.

Ada banyak sekali situs yang bisa digunakan, namun di sini ReXi akan memberikan rekomendasi situs untuk membesarkan ukuran gambar terbaik. Menariknya situs ini dapat mengubah ukuran file JPG dari HD menjadi Full HD hingga menjadi 4K Ultra HD loh.

Situs ini bernama Let’s Enhance dan mari langsung saja lihat cara penggunaannya di bawah ini :

1.) Kunjungi situs Let’s Enhance lalu upload gambar atau foto yang diinginkan pada kolom yang sudah disediakan.

2.) Jika sudah, langsung klik tombol Start Processing untuk mulai memperbesar ukuran foto atau gambar.

3.) Tunggu hingga prosesnya selesai, maka sobat akan mendapatkan foto atau gambar dengan ukuran yang sudah diperbesar. Jika sudah, langsung saja download gambarnya.

Wajib diingat untuk mengoptimasi foto sebab dengan naiknya resolusi maka size gambar atau foto akan otomatis naik juga. Saat hendak mengupload foto pastikan untuk memilih Photos And Art. Saat menyimpan foto, gunakan format JPEG karena format ini sama dengan JPG.

 

Perbesar JPG Dengan Picture Resizer (Android)

Ada banyak sekali aplikasi di android yang sebenarnya bisa sobat manfaatkan untuk memperbesar foto atau gambar. Namun di sini ReXi akan menggunakan aplikasi Picture Resizer.

Aplikasi ini dapat mengubah ukuran gambar dalam format apa saja termasuk format JPG. Selain bisa mengatur resolusinya secara otomatis sobat juga bisa memperbesar ukuran gambar secara manual.

1.) Untuk menggunakan cara ini pastikan sobat sudah memiliki aplikasinya, jika belum ya Install dulu di Google Play Store ya. Jika sudah, langsung saja buka aplikasinya dan klik opsi pilih foto.

2.) Cari foto yang ingin dibesarkan dan tap pada fotonya.

3.) Klik Resize yang berada di bagian menu atas untuk mulai memperbesar gambar.

4.) Tap menu sesuaikan dan mulai atur resolusi atau perbesar resolusinya sesuai dengan kebutuhan.

 

5.) Tunggu hingga proses selesai dan gambar pun akan tersimpan secara otomatis. Sobat bisa melihat hasilnya lewat aplikasi galeri. Mudah sekali kan?

 

Salah satu kelebihan dari aplikasi ini, sobat bisa memperbesar ukuran gambar secara langsung dari kamera lewat menu utama.

 

Perbesar Gambar JPG Dengan Multi Photo Resize (Android)

Satu lagi aplikasi android yang bisa sobat coba, namanya adalah Multi Photo Resize atau lebih sering disingkat menjadi PicTools. Aplikasi ini pun juga cukup mudah untuk digunakan.

Game & App Pilihan :  Nonton Once Again - Sub Indo Episode Terlengkap

Dan pastikan sobat sudah memiliki aplikasi ini sebelum menggunakannya, tidak hanya memiliki fitur untuk mengubah ukuran foto dan memperbesarnya. Aplikasi ini juga memiliki fitur lain seperti convert, corp hingga fitur optimize.

1.) Buka aplikasinya dan pilih opsi resize atau PX.

2.) Klik pick image dan pilih foto atau gambar yang ingin sobat besarkan ukurannya.

3.) Isi Custom Resolution sesuai dengan kebutuhan sobat.

4.) Klik Continue dan tunggu saja beberapa saat maka sobat akan melihat hasilnya tersimpan secara otomatis.

Perlu diingat jika menggunakan aplikasi ini, pilih menu Resize tanpa PX apabila ingin mengatur foto menjadi ukuran CM, inch atau 4A. Sobat juga bisa memperbesar foto secara otomatis dengan menggunakan Make Lager By. Untuk melihat pengaturan lebih lanjut langsung saja Tap More Option.

Mudah banget kan?

 

Akhir Kata

Pada dasarnya memperbesar ukuran gambar atau foto dengan format JPG cukup mudah kok. Di sini sobat bisa menggunakan berbagai macam cara, mulai dari menggunakan aplikasi atau software di PC dan Laptop, lalu situs online. Hingga menggunakan aplikasi android.

Pilihlah cara yang menurut sobat paling mudah untuk dicoba dan paling bisa untuk dilakukan. Semua cara yang sudah ReXi rangkum di atas terbukti berhasil dilakukan dan merupakan kumpulan cara terbaik dan termudah.

Nah, mau langsung coba cara memperbesar ukuran JPG di atas? Jangan lupa besok jumpa lagi dengan ReXi, tentu saja hanya di ReXdl.co.id tempat di mana sobat bisa mendapatkan berbagai macam informasi menarik.

 

Game dan Aplikasi Keren Lainnya :